Search for collections on Undip Repository

EVALUASI PROGRAM SAYANGI DAMPINGI IBU DAN ANAK KOTA SEMARANG (SAN PIISAN) PADA IBU HAMIL ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG

WARDHANI, ESTY RUDIAWATY KUSUMA (2024) EVALUASI PROGRAM SAYANGI DAMPINGI IBU DAN ANAK KOTA SEMARANG (SAN PIISAN) PADA IBU HAMIL ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ESTY.pdf - Published Version

Download (429kB)

Abstract

Program SAN PIISAN mengintegrasikan ibu hamil, masyarakat, lintas sektor, dan Pemerintah Kota Semarang. Jumlah kasus kematian ibu tertinggi pada tahun 2022 di Kota Semarang terdapat di wilayah Puskesmas Bandarharjo. Penyakit penyerta ibu hamil yang saat ini sedang mengkhawatirkan adalah ibu hamil dengan anemia. Tujuan penelitian ini yaitu mengevaluasi program SAN PIISAN pada Ibu Hamil Anemia di Puskesmas Bandarharjo. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara mendalam terhadap 11 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam aspek goal setting: masih terdapat ibu hamil anemia yang belum mengerti urgensi adanya program; dalam aspek checking for consistency: fitur yang terlalu banyak pada web SIGASPOL; dalam aspek goal monitoring: belum adanya pelatihan kader terkait kegawatdaruratan ibu hamil oleh puskesmas, masih banyaknya data alamat ibu hamil yang tidak sesuai dengan domisili, kurangnya kesadaran ibu hamil dalam menjaga kesehatan kehamilannya, serta perbedaan karakter masyarakat; dalam aspek feedback: perbaikan yang harus dilakukan yaitu sistem pengaplikasian SIGASPOL yang meliputi fitur-fitur web dapat disederhanakan dan melakukan peningkatan rutinitas pendampingan kepada ibu hamil oleh Puskesmas maupun Kader.

Kata Kunci : Evaluasi program, SAN PIISAN, ibu hamil anemia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 31 May 2024 09:07
Last Modified: 31 May 2024 09:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23311

Actions (login required)

View Item View Item