Search for collections on Undip Repository

KAJIAN YURIDIS PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU KREDIT BANK (Studi Kasus Kantor Wilayah Bank BNI Semarang). _90 Dagang 2024

RYDANTI, ANOM PUTRI and Suharto, R. Suharto and Adhi, Yuli Prasetyo (2024) KAJIAN YURIDIS PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU KREDIT BANK (Studi Kasus Kantor Wilayah Bank BNI Semarang). _90 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Anom Putri Rydanti - cover.pdf

Download (706kB)
[img] Text
Anom Putri Rydanti - abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Anom Putri Rydanti - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
Anom Putri Rydanti - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
Anom Putri Rydanti - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
Anom Putri Rydanti - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
Anom Putri Rydanti - dapus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan masyarakat dalam sektor perekonomian melahirkan perjanjian-perjanjian baru dalam masyarakat, salah satunya adalah perjanjian kredit oleh perbankan bagi pemberian modal usaha. Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai keabsahan dan dampak hukum dari pencantuman klausula eksonerasi dalam Perjanjian Kredit Modal Kerja (KMK) Bank BNI Wilayah Semarang. Dengan landasan asas kebebasan berkontrak, kajian ini bertujuan untuk menganalisis potensi ketidakseimbangan kekuatan antara kreditur dan debitur serta dampaknya terhadap prinsip-prinsip keadilan dan perlindungan konsumen. Klausula eksonerasi, yang memberikan keleluasaan kepada Bank BNI untuk melepaskan tanggung jawab atas tindakan-tindakan tertentu, menjadi fokus analisis dalam konteks legalitas dan implikasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum yuridis-normatif yang bersifat deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan analisis penulisan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sementara klausula tersebut dapat memberikan perlindungan hukum bagi bank, namun juga dapat melanggar prinsip-prinsip perlindungan konsumen dan mengakibatkan konsekuensi hukum yang serius. Temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang kompleksitas hukum dalam perjanjian kredit bank dan pentingnya mempertimbangkan aspek keadilan serta perlindungan konsumen dalam perjanjian tersebut. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan rekomendasi bagi Bank BNI untuk mempertimbangkan ulang penggunaan klausula eksonerasi dalam perjanjian kreditnya agar sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan prinsip-prinsip keadilan.
Kata Kunci : Perjanjian kredit, Klausula eksonerasi, Asas kebebasan berkontrak, Keabsahan hukum, Bank BNI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian kredit, Klausula eksonerasi, Asas kebebasan berkontrak, Keabsahan hukum, Bank BNI
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:29
Last Modified: 10 Jun 2024 08:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23298

Actions (login required)

View Item View Item