Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Followers dari Influencer Tasya Farasya)

NURHAFIDZA, Fatma Ulfa (2024) ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Followers dari Influencer Tasya Farasya). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010120140340.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120140340.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120140340.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120140340.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120140340.pdf - Published Version

Download (561kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120140340.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Industri kosmetik di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan
dalam penjualan maupun peminatnya karena konsumsi kosmetik juga mengalami
peningkatan. Setiap brand tentu akan berlomba-lomba dalam memasarkan
produknya karena tingginya permintaan dalam industri kosmetik di Indonesia.
Celebrity endorsement saat ini kerap digunakan bagi para pelaku usaha sebagai
salah satu strategi pemasaran karena penggunaan endorser dalam pemasaran suatu
produk kerap meningkatkan keinginan membeli dari konsumen. Ada beberapa hal
yang perlu diperhatikan para pelaku usaha dalam memasarkan produknya dengan
menggunakan jasa endorser, seperti customer review, customer engagement, dan
juga brand awareness. Pada penelitian terdahulu, terdapat inkonsistensi dalam
penelitian sehingga ini menjadi dasar dari penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan bahwa celebrity
endorsement memiliki pengaruh terhadap purchase intention dengan brand
awareness sebagai variabel mediasi. Pengambilan data dari penelitian ini
melibatkan 100 responden dengan kriteria utama berusia 17-35 tahun, berdomisili
di kota Semarang, dan pernah melihat konten atau mengikuti sosial media milik
influencer Tasya Farasya. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan
Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi SmartPLS (Partial Least
Square) versi 4.
Berdasarkan hasil pada penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa
brand awareness tidak memediasi variabel celebrity endorsement terhadap
purchase intention. Celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan pada
brand awareness, namun brand awareness berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, customer review terhadap
customer engagement dan customer review terhadap brand awareness diketahui
berpengaruh negatif dan tidak signifikan, namun customer review terhadap
purchase intention berpengaruh positif dan signifikan. Oleh karena itu, terdapat tiga
hipotesis yang diterima dan tiga hipotesis yang ditolak, dan penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha yang akan menggunakan jasa
endorser sebagai strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorsement, Brand Awareness, Purchase Intention, Customer Review, Customer Engagement.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 31 May 2024 04:25
Last Modified: 31 May 2024 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23291

Actions (login required)

View Item View Item