Search for collections on Undip Repository

Gambaran Status Kualitas Hidup terkait Kesehatan Mulut (OHRQoL) pada Pasien setelah Perawatan Saluran Akar (Studi Kasus di Poli Gigi RSND Semarang)

Fadhilatuzzahra, Aurelia Putri and Hardini, Nadia and Nasia, Avina Anin (2024) Gambaran Status Kualitas Hidup terkait Kesehatan Mulut (OHRQoL) pada Pasien setelah Perawatan Saluran Akar (Studi Kasus di Poli Gigi RSND Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (88kB)

Abstract

Tujuan: Diketahuinya gambaran status kualitas hidup terkait kesehatan mulut (OHRQoL) pada pasien setelah perawatan saluran akar di poli gigi RSND Semarang. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan desain studi cross sectional. Responden penelitian ini adalah 98 pasien setelah perawatan saluran akar di Poli Gigi RSND Semarang yang memenuhi kriteria inklusi dengan metode consecutive sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien setelah perawatan saluran akar di Poli Gigi RSND Semarang memiliki rata-rata skor 9,49 dan masuk dalam kategori OHRQoL “Baik”. Kesimpulan: Rata-rata skor OHRQoL pada pasien setelah perawatan saluran akar di poli gigi RSND Semarang berkisar 9,49, yaitu masuk dalam kategori “Baik”.
Kata Kunci: OHRQoL, perawatan saluran akar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: OHRQoL, perawatan saluran akar.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 30 May 2024 07:31
Last Modified: 30 May 2024 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23258

Actions (login required)

View Item View Item