Search for collections on Undip Repository

Hubungan Alokasi Dana Desa untuk Program Penurunan Stunting dengan Jumlah Program dan Penurunan Prevalensi Stunting di Kabupaten Magelang

Hanum Munfarida, Lutfi and Nuryanto, Nuryanto and Kurnia Setiawan Limijadi, I Edward and Purwanti, Rachma Hubungan Alokasi Dana Desa untuk Program Penurunan Stunting dengan Jumlah Program dan Penurunan Prevalensi Stunting di Kabupaten Magelang. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Lutfi Hanum Munfarida.pdf

Download (161kB)

Abstract

Latar belakang: Stunting merupakan suatu gagal tumbuh anak yang ditandai dengan z-score TB/U kurang dari atau sama dengan -2SD. Stunting yang terjadi pada balita dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya di masa yang akan datang. Upaya pemerintah dalam menangani kasus stunting ini dengan dibuatnya kebijakan program penurunan stunting melalui dana desa.
Tujuan: Untuk menganalisis hubungan alokasi dana desa untuk program penurunan stunting dengan jumlah program dan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Magelang.
Metode: Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan campuran sekuensial dengan studi kuantitatif kemudian kualitatif. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode incidental sampling dengan kriteria kecamatan dengan prevalensi stunting tinggi dan prevalensi stunting rendah. Sampel dari penelitian ini yaitu 36 desa dan 10 diantaranya merupakan desa lokus. Jumlah informan yaitu 15 orang yang terdiri dari kepala desa, kader, dan ibu balita stunting 5 desa. Uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-smirnov dilanjutkan dengan uji korelasi Pearson dan uji beda independent t-test.
Hasil: Didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan besaran dana desa, jumlah program, dan prevalensi stunting antara desa lokus dan non lokus. Terdapat hubungan antara alokasi dana desa untuk program penurunan stunting dengan jumlah program namun tidak terdapat hubungan antara alokasi dana desa untuk program penurunan stunting dengan penurunan prevalensi di Kabupaten Magelang (p=0,974).
Simpulan: Terdapat hubungan antara alokasi dana desa untuk program penurunan stunting dengan jumlah program namun tidak terdapat hubungan antara alokasi dana desa untuk program penurunan stunting dengan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Magelang.
Kata kunci: dana desa, stunting, program stunting, kebijakan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 29 May 2024 04:47
Last Modified: 29 May 2024 04:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23218

Actions (login required)

View Item View Item