Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN OLEH LANSIA PEREMPUAN PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANTANG

ARDINI, DENA AULIA RESTU (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN OLEH LANSIA PEREMPUAN PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANTANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DENA.pdf - Published Version

Download (361kB)

Abstract

Hipertensi adalah kondisi yang dapat mengakibatkan kematian dan komplikasi serius seperti penyakit jantung koroner dan stroke jika tidak terkontrol. Risiko hipertensi cenderung meningkat seiring bertambahnya usia dan merupakan kondisi medis yang memerlukan kontrol rutin untuk mencegah komplikasi fatal. Meskipun pelayanan kesehatan untuk hipertensi tersedia di Puskesmas Mantang, tingkat pemanfaatannya masih rendah, dengan hanya 76,5% pasien mendapatkan pelayanan dan 26,08% mendapatkan skrining PTM. Faktor-faktor seperti pendidikan, penghasilan, pengetahuan, persepsi, dukungan keluarga, dan dukungan tenaga kesehatan dapat memengaruhi perilaku pemanfaatan pelayanan kesehatan, sesuai dengan teori L. Green dan Health Belief Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh lansia perempuan dengan hipertensi di wilayah tersebut, dengan menggunakan metode kuantitatif observasional dan desain studi cross-sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan, persepsi terhadap keparahan, manfaat, dan hambatan, serta dukungan sosial dan tenaga kesehatan, berkaitan erat dengan tingkat pemanfaatan layanan kesehatan. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pelayanan kesehatan penting untuk meningkatkan pemanfaatan layanan oleh lansia dengan hipertensi.

Kata Kunci : Hipertensi, Lansia, Pelayanan kesehatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 29 May 2024 04:21
Last Modified: 29 May 2024 04:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23212

Actions (login required)

View Item View Item