Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS AKIBAT KEPAILITAN LICENSOR TERHADAP PERJANJIAN LISENSI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL YANG SEDANG BERLANGSUNG. _ 102 Dagang 2024

NUGROHO, ANDITO and Mahmudah, Siti and Turisno, Bambang Eko (2024) TINJAUAN YURIDIS AKIBAT KEPAILITAN LICENSOR TERHADAP PERJANJIAN LISENSI HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL YANG SEDANG BERLANGSUNG. _ 102 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Andito Nugroho-cover.pdf

Download (739kB)
[img] Text
Andito Nugroho-abstrak.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Andito Nugroho-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
Andito Nugroho-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
Andito Nugroho-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
Andito Nugroho-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
Andito Nugroho-dapus.pdf

Download (229kB)

Abstract

Putusan pailit menyebabkan debitor kehilangan hak untuk melakukan perbuatan hukum yang berkaitan dengan harta kekayaannya karena berada dalam sita umum oleh kurator, salah satunya terhadap aset HKI. Namun, terdapat permasalahan ketika HKI telah dilisensikan kepada pihak lainnya, yaitu adanya benturan
kepentingan antara kurator yang akan mengoptimalkan aset debitor dengan licensee yang masih dalam periode pemanfaatan HKI. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kepailitan licensor terhadap perjanjian lisensi yang sedang berlangsung dan mengetahui mekanisme perlindungan hukum bagi licensee saat terjadinya kepailitan licensor. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian doktrinal, spesifikasi penelitian deskriptif analitis, jenis data berupa data sekunder dengan sumber data bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, teknik pengumpulan data studi kepustakaan, dan teknik analisis data berupa analisis kualitatif.
Pada bagian pembahasan dalam penelitian ini, berdasarkan Pasal 36 UU KPKPU meskipun licensor dinyatakan pailit, perjanjian lisensi dapat dilanjutkan dengan adanya pernyataan kesanggupan dari kurator. Namun, apabila kurator tidak memberikan kepastian tentang keberlanjutan perjanjian, maka perjanjian lisensi dianggap berakhir dan licensee diperlakukan sebagai kreditor konkuren. Adapun dalam perjanjian yang dilanjutkan, perlindungan hukum bagi licensee dapat berupa perlindungan untuk mendapat hak-haknya dalam perjanjian lisensi. Namun, apabila perjanjian dianggap berakhir, maka licensee mendapat perlindungan sebagaimana kedudukannya menjadi kreditor konkuren.
Kata Kunci: Akibat Kepailitan, Perjanjian Lisensi, Hak Kekayaan Intelektual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akibat Kepailitan, Perjanjian Lisensi, Hak Kekayaan Intelektual
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 07 Jun 2024 09:13
Last Modified: 07 Jun 2024 09:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23192

Actions (login required)

View Item View Item