Search for collections on Undip Repository

Relawan Politik sebagai Kekuatan Politik Baru dalam Kontestasi Presidensial Tahun 2014 sampai Tahun 2019 Studi Kasus : Relawan Politik Pro-Jo

Saragih Sumbayak, Jecklin Midiyato (2024) Relawan Politik sebagai Kekuatan Politik Baru dalam Kontestasi Presidensial Tahun 2014 sampai Tahun 2019 Studi Kasus : Relawan Politik Pro-Jo. Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
0.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK TESIS JECKLIN M. SARAGIH.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text
BAB I TESIS JECKLIN M. SARAGIH.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text
BAB II TESIS JECKLIN M. SARAGIH.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text
BAB III TESIS JECKLIN M. SARAGIH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV TESIS JECKLIN M. SARAGIH.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TESIS JECKLIN M. SARAGIH.pdf - Published Version

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemunculan relawan politik secara masif pada pemilihan Presiden Tahun 2014 sampai Tahun 2019 yang memiliki pengaruh terhadap kontestasi presidensial di Indonesia. Relawan politik yang awalnya hanya sebagai bentuk demokrasi partisipatoris kemudian berbalik menjadi kekuatan politik baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe purposive untuk pemilihan informan penelitian. Penulis mengedepankan penjelasan komprehensif ketimbang sekedar memberikan konfirmasi terhadap suatu permasalahan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan pengumpulan dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini menawarkan pemahaman yang lebih dalam tentang transformasi relawan politik. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terjadi tranformasi relawan politik akibat masuknya kepentingan-kepentingan elit politik dalam setiap agenda gerakan relawan politik. Diakomodirnya elit-elit relawan politik menjadi bagian dari pemerintahan semakin mengafirmasi bahwa gerakan relawan politik sulit dikategorikan sebagai bagian dari wujud partisipasi warga Negara yang otonom. Partisipasi warga Negara yang bersifat otonom secara gradual dibelokkan para elit politik menjadi aktivitas untuk kepentingan politik elektoral yang pragmatis. Pergeseran ini memunculkan gagasan lain dalam kajian voluntarisme di Indonesia. Relawan politik sebagai kelompok kepentingan tidak sepenuhnya bekerja sehingga perlu perluasan definisi relawan politik yang merujuk pada tujuan dan kedudukan relawan politik.

Kata Kunci: Relawan Politik; Transformasi Relawan; Gerakan Relawan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 28 May 2024 04:54
Last Modified: 28 May 2024 09:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23159

Actions (login required)

View Item View Item