Search for collections on Undip Repository

ATRIBUT INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI MELALUI SI D’nOK DI KOTA SEMARANG

WIDIANTARI, BERNADETA KARINA PUTRI (2024) ATRIBUT INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI MELALUI SI D’nOK DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (776kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aplikasi SI D’nOK (Sistem Informasi Dokumen Online Kependudukan Kota
Semarang) merupakan inovasi yang dicetuskan oleh Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Semarang untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait
dengan pelayanan administrasi kependudukan. Inovasi berbasis mobile ini dapat
diakses melalui smartphone secara fleksibel. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk menganalisis atribut inovasi layanan berbasis aplikasi dalam keberhasilan
penyelenggaraan administrasi kependudukan serta faktor penghambat inovasi
layanan berbasis aplikasi administrasi kependudukan di Kota Semarang. Aplikasi
ini dianalisis menggunakan teori atribut inovasi dengan beberapa fenomena seperti
keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, serta kemudahan
diamati. Selain itu, faktor penghambat inovasi SI D’nOK dianalisis menggunakan
fenomena yakni keenganan menutup program yang gagal, budaya risk aversion,
ketergantungan berlebihan terhadap high performer, teknologi ada tetapi terhambat
budaya dan penataan organisasi, ketidakmampuan dalam menghadapi risiko
perubahan, serta kesesuaian nilai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
metode kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian diambil secara purposive
sampling, yakni beberapa dinas dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa, pertama, keuntungan relatif, manfaat kenyamanan penggunaan
dibandingkan dengan loket manual, keuntungan biaya dan waktu telah terpenuhi.
Selanjutnya, kesesuaian inovasi layanan ini cukup menjawab kebutuhan
masyarakat, tetapi masih perlu dilakukan pengembangan fitur-fiturnya. Ketiga,
kerumitan, masih ditemukan adanya keterbatasan SDM serta permasalahan
jaringan oleh sebagai pengguna. Selanjutnya, kemungkinan dicoba dan kemudahan
diamati sudah dilakukan uji coba secara rutin namun masih sedikit masyarakat yang
mengetahui keberadaan aplikasi SI D’nOK. Faktor penghambat inovasi layanan ini
terletak pada ketidakmampuan menghadapi risiko dan perubahan dikarenakan
hambatan jaringan belum sepenuhnya terselesaikan dan budaya risk aversion
karena SDM yang memadai belum maksimal.
Kata Kunci: Atribut Inovasi, SI D’nOK, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 May 2024 07:36
Last Modified: 30 May 2024 08:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23122

Actions (login required)

View Item View Item