Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS MEKANISME PEMBERIAN BANTUAN OLEH BANK INDONESIA ATAS KESULITAN LIKUIDITAS BANK SISTEMIK MELALUI PINJAMAN LIKUIDITAS JANGKA PENDEK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 2023 TENTANG PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN SEKTOR KEUANGAN. _ 89 Dagang 2024

FARIZA, NIDIA NUR and Prananingtyas, Paramita and Rahmanda, Bagus (2024) ANALISIS YURIDIS MEKANISME PEMBERIAN BANTUAN OLEH BANK INDONESIA ATAS KESULITAN LIKUIDITAS BANK SISTEMIK MELALUI PINJAMAN LIKUIDITAS JANGKA PENDEK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 2023 TENTANG PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN SEKTOR KEUANGAN. _ 89 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Nidia Nur Fariza_cover.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Nidia Nur Fariza_abstrak.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Nidia Nur Fariza_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
Nidia Nur Fariza_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
Nidia Nur Fariza_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
Nidia Nur Fariza_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Nidia Nur Fariza_dapus.pdf

Download (153kB)

Abstract

Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek adalah instrumen kebijakan
makroprudensial Bank Indonesia yang dilaksanakan dengan skema pemberian pinjaman kepada bank yang mengalami kesulitan likuiditas. Kualitas likuiditas perbankan menjadi vital mengingat aspek ini digunakan untuk mengetahui tingkat kesehatan suatu bank. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan yuridis-normatif dengan spesifikasi deskriptif, data digunakan adalah data sekunder, metode pengumpulan data dilaksanakan melalui studi kepustakaan, dan metode analisis data bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa legal standing bank sistemik sebagai pemohon Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan selama bank masih solvent dibuktikan dengan kepemilikan modal minimum, proyeksi arus kas, dan agunan berkualitas tinggi. Terdapat kesamaan konsepsi pemberian pinjaman likuiditas oleh Bank Indonesia dan People’s Bank of China dimana penggunaan agunan surat berharga diprioritaskan sebab sifatnya yang likuid dapat berfungsi sebagai jaring pengaman dalam mencegah terjadinya dampak negatif terhadap keuangan negara. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah perlunya dilaksanakan formulasi regulasi yang khusus mengatur mengenai mekanisme pemberian PLJP kepada bank sistemik sekaligus penambahan persyaratan dokumen dalam permohonan berupa Salinan Rencana Aksi untuk menunjukan bahwa bank sistemik telah berkomitmen melaksanakan resolusi sesuai prinsip Good Corporate Governance.
Kata Kunci: Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek, Likuiditas Perbankan, Bank Sistemik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pinjaman Likuiditas Jangka Pendek, Likuiditas Perbankan, Bank Sistemik
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:50
Last Modified: 10 Jun 2024 07:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23085

Actions (login required)

View Item View Item