Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN GREEN PROMOTION DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT PARTISIPASI CAMPAIGN WASTE DOWN BEAUTY UP SOCIOLLA

Fitriani, Neysa Ardelia (2024) PENGARUH TERPAAN GREEN PROMOTION DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT PARTISIPASI CAMPAIGN WASTE DOWN BEAUTY UP SOCIOLLA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (675kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (395kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)

Abstract

Sociolla, menjadi salah satu toko kosmetik paling terkenal di Indonesia, yang meluncurkan
kampanye ramah lingkungan yang bernama Waste Down Beauty Up. Pada tahun 2022,
sebanyak 6,8 juta ton limbah kosmetik yang 70% sampahnya tidak diolah dengan baik. Hal
tersebut yang memotivasi Sociolla untuk meluncurkan kampanye ramah lingkungan dengan
menawarkan berbagai manfaat sehingga memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi pada
kampanye. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan
green promotion dan persepsi manfaat terhadap minat partisipasi kampanye Waste Down
Beauty Up.
Penelitian ini merupakan tipe penelitian eksplanatori dengan menggunakan teknik non
probability sampling. Responden memiliki karakteristik Perempuan, minimal berusia 17 tahun,
konsumen Sociolla, belum pernah berpartisipasi dalam kampanye Waste Down Beauty Up,
dan pernah melihat promosi kampanye Waste Down Beauty Up. Teori yang digunakan adalah
Teori Respon Kognitif, Teori Participatory Culture, dan Konsep 3A (Awareness, Attitude,
Action). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan green promotion dapat mempengaruhi
minat partisipasi kampanye Waste Down Beauty Up dan persepsi manfaat dapat
mempengaruhi minat partisipasi kampanye Waste Down Beauty Up. Rekomendasi peneliti
terhadap Sociolla adalah meningkatkan frekuensi promosi di media sosial, seperti Instagram
dan TikTok. Tidak hanya itu, Sociolla juga perlu menekankan permasalahan lingkungan akibat
penumpukan sampah wadah kemasan kosmetik melalui kegiatan promosi di media sosial
Sociolla.
Kata Kunci: Terpaan Green Promotion, Persepsi Manfaat, Minat Partisipasi, Waste
Down Beauty Up, Sociolla

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 May 2024 04:24
Last Modified: 31 May 2024 01:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23026

Actions (login required)

View Item View Item