Search for collections on Undip Repository

Pemetaan Kerentanan Lingkungan dan Sosial Terhadap Bencana Erupsi Gunung Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal Berbasis Sistem Informasi Geografis.

Siregar, Zahara Hasanah (2024) Pemetaan Kerentanan Lingkungan dan Sosial Terhadap Bencana Erupsi Gunung Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal Berbasis Sistem Informasi Geografis. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover .pdf

Download (29kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (14kB)

Abstract

Erupsi gunung api merupakan salah satu bencana yang dihasilkan dari aktivitas gunung api aktif. Seperti halnya di Indonesia, ada beberapa kasus erupsi di berbagai wilayah.
Salah satunya adalah gunung Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal. Pusat Vulkanologi dan Manajemen Bencana Geologi (PVMBG) mendeteksi adanya pergerakan pada Gunung Sorik Marapi yaitu gempa vulkanik sebanyak 146 kali pada
September 2022, tetapi belum ada peningkatan tekanan secara visual. Dalam penelitian ini, parameter yang dianalisis yaitu kerentanan sosial dan kerentanan ekologi. Data variabel yang diperoleh dilakukan pembobotan, scoring, dan overlay berbasis Sistem Informasi Geografis. Selain itu, data citra SPOT-7 juga digunakan sebagai dasar perhitungan luas kawasan parameter kerentanan ekologi dengan metode digitasi onscreen.
Pembuatan peta kerantanan mengacu pada PERKA BNPB Nomor 2 Tahun 2012. Berdasarkan pengolahan, didapatkan hasil untuk peta kerentanan ekologi didominasi oleh kelas rendah yaitu sebesar 95% dari luas penelitian atau sekitar sekitar 4.772,8 ha dari 5024 ha. Kemudian untuk daerah yang memiliki kerentanan ekologi tingkat sedang adalah sekitar 5% dari luas daerah penelitian yaitu 5.024 ha atau sekitar 251, ha. Kemudian untuk peta kerentanan sosial didominasi oleh kelas rendah yaitu sebesar 85% dari luas daerah penelitian, yaitu sekitar 4.270,4 ha dari 5024 ha. Kemudian untuk daerah yang memiliki kerentanan sosial tingkat sedang adalah sekitar
15% dari luas daerah penelitian yaitu 5.024 ha atau sekitar 753,6 ha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AHP, Erupsi, Kerentanan, SIG.
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 21 May 2024 02:45
Last Modified: 21 May 2024 02:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23016

Actions (login required)

View Item View Item