Susiandi, Alya Putri (2024) PENGARUH TERPAAN INFORMASI APLIKASI LUNPIA DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (722kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (126kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (148kB) |
Abstract
Kota Semarang, sebagai pusat perdagangan dan pariwisata yang penting, memanfaatkan citra destinasi dan teknologi informasi untuk mengembangkan sektor pariwisatanya. Aplikasi "Lunpia" berperan sebagai pusat informasi utama bagi pariwisata Kota Semarang, menawarkan fitur seperti akses transportasi, objek
wisata, kuliner khas, dan panduan audio, memudahkan wisatawan dalam menjelajahi kota. Selain komunikasi pemasaran digital, citra destinasi yang mempromosikan keindahan alam dan pengalaman wisata yang memuaskan memengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung. Komunikasi pemasaran digital
yang efektif dengan memanfaatkan Aplikasi Lunpia dan membangun citra destinasi yang positif dapat memengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke Semarang.
Namun, meskipun diidentifikasi sebagai tujuan wisata yang diminati, Semarang kesulitan menarik wisatawan, seperti yang terbukti dari fluktuasi dan penurunan tingkat kunjungan wisatawan dari tahun 2018 hingga 2021. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh Aplikasi Lunpia dan citra destinasi terhadap minat wisatawan untuk berkunjung ke Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non-probability Sampling dengan 100 responden. Teori dalam penelitian ini menggunakan technological
determinism theory dan Teori Reasoned Action. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana yang dibantu dengan menggunakan SPSS. Hasil hipotesis menunjukan nilai sig. terpaan informasi Aplikasi Lunpia terhadap minat berkunjung
sebesar 0.103 yang berarti tidak ada pengaruh terpaan informasi Aplikasi Lunpia terhadap minat berkunjung ke Kota Semarang. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukan nilai Sig. citra destinasi terhadap minat berkunjung ke Kota Semarang sebesar 0.001 berarti terdapat pengaruh citra destinasi terhadap minat berkunjung ke Kota Semarang.
Kata Kunci: Aplikasi Lunpia, Terpaan Informasi, Citra Destinasi, Minat Berkunjung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 20 May 2024 09:29 |
Last Modified: | 31 May 2024 01:07 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |