Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN BANK RAKYAT INDONESIA (STUDI PADA UMKM ANGGOTA RUMAH BUMN PENGGUNA LAYANAN BRI DI KOTA SEMARANG)

Kurniawan, Riki (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN BANK RAKYAT INDONESIA (STUDI PADA UMKM ANGGOTA RUMAH BUMN PENGGUNA LAYANAN BRI DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (760kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Rumah BUMN Bank Rakyat Indonesia Kota Semarang merupakan implementasi
program corporate social responsibility berbentuk pemberdayaan UMKM yang
mewajibkan anggotanya menggunakan produk layanan BRI. Dari sebanyak 7.746
pelaku UMKM yang terdaftar menjadi anggota, hanya 300 pelaku UMKM yang
secara aktif dan konsisten terlibat dalam kegiatan pemberdayaan tersebut.
Menurut Banks' Policy Assessment 2022, BRI masih menempati posisi keenam
dari 11 lembaga perbankan yang ada. Posisi tersebut mengindikasikan belum
optimalnya reputasi yang dimiliki oleh Bank Rakyat Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah explanatory research dan menggunakan teknik
probability sampling dengan pendekatan simple random sampling. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan corporate
social responsibility terhadap reputasi perusahaan Bank Rakyat Indonesia.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada
172 anggota Rumah BUMN kelolaan Bank Rakyat Indonesia di Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik analisis regresi.
Penelitian ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang optimal disertai
penerapan CSR yang memberdayakan mampu menciptakan penggunaan layanan
dan keanggotaan jangka panjang yang memberi pengaruh positif dan signifikan,
baik secara parsial dan simultan, terhadap reputasi perusahaan.
Komunikasi yang tidak merata serta pelayanan yang kurang informatif
menyebabkan ekspektasi para pelaku UMKM sebagai anggota Rumah BUMN
dan sekaligus pengguna layanan BRI tidak terpenuhi. Rumah BUMN diharapkan
dapat mengimplementasikan sebuah sistem pencatatan yang mampu
mengumpulkan dan memantau aktivitas para anggota untuk menciptakan program
yang adil dan transparan. BRI diharapkan dapat menciptakan inovasi layanan
yang sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM yang menjadi nasabahnya.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Corporate Social Responsibility, Reputasi
Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 May 2024 03:22
Last Modified: 30 May 2024 08:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22992

Actions (login required)

View Item View Item