Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PEMANFAATAN TANAH KAS DESA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PEMERINTAH DESA NGAGLIK KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI. _54 Perdata 2019

WIJAYA, BINTANG and Santi, I.G.A Gangga and Prasetyo, Agung Basuki (2019) TINJAUAN YURIDIS PEMANFAATAN TANAH KAS DESA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PEMERINTAH DESA NGAGLIK KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI. _54 Perdata 2019. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Bintang Wijaya_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bintang Wijaya_abstrak.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Bintang Wijaya_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
Bintang Wijaya_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
Bintang Wijaya_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
Bintang Wijaya_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
Bintang Wijaya_bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
Bintang Wijaya_dapus.pdf

Download (384kB)

Abstract

Pendapatan asli desa (PADes) sebagai salah satu sumber pendapatan desa sebagaimana ketentuan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa. PADes Desa Ngaglik hanya mencapai 36 juta yang 32 juta dihasilkan dari pemanfaatan tanah kas desa nyatanya harus menempati urutan bawah dalam hal PADes se-Kecamatan Sambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui faktor-faktor penyebab belum dikelolanya secara maksimal tanah kas desa oleh pemerintah Desa Ngaglik dan landasan yuridis upaya peningkatan pendapatan asli desa melalui pemanfaatan tanah kas desa oleh pemerintahan Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara dan data sekunder dengan menggunakan studi kepustakaan yang kemudian dianalisis dengan metode kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa
Ngaglik belum mampu mengelola dengan baik Tanah Kas Desa dikarenakan faktor internal berkaitan dengan belum adanya inovasi usaha serta faktor eksternal berkaitan dengan kondisi Geografis Tanah Kas Desa yang perbukitan dan kurang mendapatkan air. Pemerintah Desa Ngaglik dalam memanfaatkan tanah kas desa dengan menggunakan lelang berdasarkan hasil musyawarah desa, sehingga perlunya pemanfaatan lewat instrument BUMDes.
Kata Kunci: Tanah Kas Desa, Pemanfaatan Tanah Kas Desa,
Pemerintah Desa Ngaglik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanah Kas Desa, Pemanfaatan Tanah Kas Desa, Pemerintah Desa Ngaglik
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:45
Last Modified: 10 Jun 2024 07:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22978

Actions (login required)

View Item View Item