Search for collections on Undip Repository

KEBIJAKAN PERDAGANGAN JASA PROFESIONAL INSINYUR DALAM PELAKSANAAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) DI INDONESIA. _59 HI 2019

CHAERANI, ANGGIA CALLISTA WIMAR and Priyono, FX. Joko and Susetyorini, Peni (2019) KEBIJAKAN PERDAGANGAN JASA PROFESIONAL INSINYUR DALAM PELAKSANAAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) DI INDONESIA. _59 HI 2019. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Anggia Callista Wimar Chaerani-cover.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Anggia Callista Wimar Chaerani-abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Anggia Callista Wimar Chaerani-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
Anggia Callista Wimar Chaerani-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
Anggia Callista Wimar Chaerani-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
Anggia Callista Wimar Chaerani-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Anggia Callista Wimar Chaerani-bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Anggia Callista Wimar Chaerani-dapus.pdf

Download (15kB)

Abstract

Jasa Profesional Insinyur merupakan salah satu profesi yang dinilai sebagai sebuah peluang sekaligus tantangan dalam perdagangan jasa profesional ke negara anggota ASEAN lainnya dalam pelaksanaan MEA. Setelah terbukanya pasar domestik bagi penyedia jasa asing, maka Pemerintah Indonesia harus menyiapkan langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja dan mengatur arus Jasa Profesional Insinyur di era MEA. Dalam mengatasi hal tersebut Pemerintah Indonesia telah menskedulkan komitmen nya terhadap Jasa Profesional Insinyur didalam Schedule of Commitment (SOC) dan juga menerbitkan Undang-Undang No. 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan dari prinsip market access dan national treatment dalam penyelenggaraan perdagangan jasa profesional Insinyur di Indonesia. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum adalah pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan data yang bersifat sekunder kemudian dianalisis dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian yakni dalam penerapan market access melalui moda pemasukan untuk Jasa Profesional Insinyur Asing sesuai dengan Komitmen Horisontal dalam SOC dan peraturan hukum ketenagakerjaan serta keimigrasian, tidak ada hambatan yang berarti serta sejalan dengan tujuan MEA dalam mewujudkan pasar bebas. Sedangkan dalam penerapan national treatment ditemukan satu pasal yang cukup membahayakan Jasa Profesional Insinyur Domestik terkait Insinyur Asing yang dapat bekerja tanpa memiliki RPTKA, maka diperlukan suatu peninjauan ulang mengenai peraturan Keinsinyuran oleh pemerintah untuk menghindari kemungkinan persoalan konflik di masa depan.
Kata kunci: Kebijakan, Jasa Profesional Insinyur, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Jasa Profesional Insinyur, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:31
Last Modified: 10 Jun 2024 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22951

Actions (login required)

View Item View Item