Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEWAJIBAN NEGARA ATAS HAK LINGKUNGAN HIDUP YANG BAIK DAN SEHAT BAGI MASYARAKAT DESA BADAS KABUPATEN KEDIRI. _56 HI 2019

PRADHANA, IRFAN HIDAYAT INDRA and Rahayu, Rahayu and Supriyadhie, Kabul (2019) IMPLEMENTASI KEWAJIBAN NEGARA ATAS HAK LINGKUNGAN HIDUP YANG BAIK DAN SEHAT BAGI MASYARAKAT DESA BADAS KABUPATEN KEDIRI. _56 HI 2019. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Irfan Hidayat Indra Pradhana-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Irfan Hidayat Indra Pradhana-abstrak.pdf

Download (614kB)
[img] Text
Irfan Hidayat Indra Pradhana-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
Irfan Hidayat Indra Pradhana-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Irfan Hidayat Indra Pradhana-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
Irfan Hidayat Indra Pradhana-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Irfan Hidayat Indra Pradhana-bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
Irfan Hidayat Indra Pradhana-dapus.pdf

Download (569kB)

Abstract

Hak atas lingkungan hidup telah diakui sebagai bagian dari HAM dalam beberapa peraturan nasional dan internasional, oleh karena itu, negara melalui pemerintah diwajibkan untuk melindungi, menghormati, memenuhi, memajukan dan menegakkan terhadapnya. Penulisan hukum ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis lebih lanjut pencemaran lingkungan yang terjadi di Desa Badas merupakan pelanggaran HAM serta kewajiban dan tanggung jawab negara untuk melakukan upaya pencegahan pelanggaran hak atas lingkungan hidup dari pencemaran yang terjadi. Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan socio-legal research dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis dan berbasis pada data primer dan sekunder. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pencemaran yang terjadi di Desa Badas disebabkan oleh bercampurnya zat kimia dari kebocoran air limbah PT Mahatex dengan limbah rumah tangga dan limbah pertanian. Terhadap hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kediri telah melakukan mediasi antara masyarakat dengan pihak perusahaan guna menanggulangi limbah yang bocor dan memberikan sosialisasi terhadap masyarakat terkait kelestarian lingkungan hidup dan penggunaan pestisida. Pemerintah Kabupaten juga melakukan pengawasan terhadap air sungai guna mencegah pencemaran meluas dan pemantauan aktivitas terhadap PT Mahatex agar tidak terjadi kelalaian terhadap pengelolaan limbah. Tindakan Pemerintah Kabupaten Kediri masih bersifat insidental karena belum adanya landasan kebijakan terkait dengan hal tersebut sehingga kewajiban negara belum sepenuhnya dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri selaku pemangku kewajiban.
Rekomendasi yang disampaikan adalah diperlukannya peraturan daerah khusus yang mengatur tentang lingkungan hidup guna menjamin hak atas lingkungan hidup masyarakat dan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sebagai wujud kewajiban tiap orang maupun badan hukum.
Kata Kunci : Kewajiban Negara, Hak Atas Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kewajiban Negara, Hak Atas Lingkungan Hidup
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:17
Last Modified: 07 Jun 2024 08:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22942

Actions (login required)

View Item View Item