Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PEMETAAN STAKEHOLDER DALAM PROGRAM SICENTIK (SISWA CARI JENTIK) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUGANGAN KOTA SEMARANG

SANTOSO, CHERYL AQIILAH PUTRI (2024) ANALISIS PEMETAAN STAKEHOLDER DALAM PROGRAM SICENTIK (SISWA CARI JENTIK) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BUGANGAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO CHERYL.pdf - Published Version

Download (309kB)

Abstract

DBD merupakan permasalahan kesehatan nasional yang dapat menyerang segala kelompok usia, termasuk anak-anak. Faktor penyebab tingginya kasus DBD pada anak-anak yaitu tinnginya aktivitas, daya imun yang rendah, dan kurangnya dukungan dari keluarga dalam menjaga kebersihan lingkungan. Pemerintah Kota Semarang perlu mengatasi masalah DBD pada anak yang masih tinggi setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran stakeholder melalui variabel power, interest, dan attitude yang dikaitkan dengan peran masing-masing stakeholder dan siklus implementasi program SICENTIK. Hasil penelitian menunjukkan terdapat variasi posisi masing-masing stakeholder pada setiap indikator implementasi program. Stakeholder decision maker telah menunjukkan dukungan, peran, dan pengaruh yang baik dalam aspek pelaksanaan program, meskipun Dinas Pendidikan masih harus meningkatkan keterlibatannya sebagai sleeping giant. Kelompok stakeholder provideer yairu PJ program SICENTIK di Puskesmas Bugangan telah memberikan peran optimal sebagai saviour. Stakeholder client, khususnya SDN Bugangan 03 dan SMP MA HAD Islam masih mempunyai posisi yang menghambat pelaksanaan program SICENTIK sebagai time bomb, acquitance, dan saboteur. Keterlibatan dan dukungan stakeholder representative masih perlu ditingkatkan dalam membantu pengawasan dan menjembatani koordinasi program.
Kata kunci: stakeholder,pemetaan stakeholder, SICENTIK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 15 May 2024 06:52
Last Modified: 15 May 2024 06:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22924

Actions (login required)

View Item View Item