Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN KETERAMPILAN PEKERJA MENGGUNAKAN TEORI TAM DALAM PENGEMBANGAN INSPEKSI APAR DIGITAL DI SEBUAH PABRIK JAMU, KABUPATEN SEMARANG

ILLIAS, GC. MINERVA VENUS (2024) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN KETERAMPILAN PEKERJA MENGGUNAKAN TEORI TAM DALAM PENGEMBANGAN INSPEKSI APAR DIGITAL DI SEBUAH PABRIK JAMU, KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MINERVA.pdf - Published Version

Download (425kB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0 yang diiringi dengan berkembangnya teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) adalah kegiatan menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang bersifat preventif. Adanya perkembangan zaman menuntut K3 untuk ikut berkembang secara teknologi dalam mencapai tujuannya. Sebuah Pabrik Jamu di Kabupaten Semarang melakukan program pengembangan digital untuk Inspeksi APAR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya instrumentasi dan keterampilan pekerja menggunakan Teori TAM dalam pengembangan digitalisasi inspeksi APAR di Sebuah Pabrik Jamu, Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subjek dari penelitian ini dinamakan informan yang terbagi menjadi dua, yaitu informan utama dan informan triangulasi. Hasil Inspeksi APAR Digital memiliki persentase return of investment sebesar 937% yang berarti memiliki efisiensi biaya yang sangat tinggi. Hal tersebut dapat dialokasikan untuk program kerja dan fasilitas K3 yang lainnya; Inspeksi APAR Digital pada Pabrik Jamu memenuhi aspek Perceived of Usefulness; Inspeksi APAR Digital pada Pabrik Jamu memenuhi aspek Perceived ease to use; Pada Inspeksi APAR Digital pada Pabrik Jamu, mayoritas informan memberikan sikap positif terhadap inspeksi APAR digital yang artinya tingkat penerimaan terhadap inspeksi APAR digital tinggi; Terdapat perceived usefulness, perceived ease to use, dan attitude toward using yang cukup tinggi terhadap inspeksi APAR digital. Niat informan juga memiliki animo yang tinggi. Maka dari itu, inspeksi APAR digital memiliki efektivitas yang cukup tinggi.

Kata kunci : Inpspeksi Digital, Teori TAM, Biaya, Return of Investmen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 May 2024 03:20
Last Modified: 13 May 2024 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item View Item