Search for collections on Undip Repository

Perineal length, Fetal Head Circumference, and Fetal Weight : Relation to Perineal Laceration during Aterm Spontaneous Labour in Primipara

udjaja, claudio and Erwinanto, Erwinanto and Kristanto, Herman and Tjahjanto, Hary and Trisetiyono, Yuli and Mochtar, Arufiadi Anityo (2024) Perineal length, Fetal Head Circumference, and Fetal Weight : Relation to Perineal Laceration during Aterm Spontaneous Labour in Primipara. Masters thesis, universitas diponegoro.

[img] Text (Artikel Claudio Udjaja)
ARTIKEL Claudio Udjaja.pdf

Download (385kB)

Abstract

LATAR BELAKANG : Laserasi perineum merupakan salah satu risiko dan komplikasi persalinan spontan sehingga berdampak pada kualitas hidup jangka pendek dan jangka panjang. Minimnya penelitian di Indonesia mengenai panjang perineum, berat badan lahir janin dan lingkar kepala janin serta dampaknya terhadap persalinan spontan dan laserasi perineum memunculkan ide penelitian untuk meminimalisir terjadinya komplikasi laserasi perineum pada persalinan spontan.
TUJUAN : Mengetahui hubungan panjang perineum, lingkar kepala janin, dan berat badan janin dengan derajat laserasi perineum pada wanita primipara.
METODE : Studi observasional multisenter analitik yang dilakukan antara Agustus 2023 hingga Oktober 2023 yang mengukur seluruh subjek yang melahirkan secara normal sesuai kriteria inklusi. Seluruh data akan dianalisis dan analisis regresi logistik digunakan untuk menentukan prediktor signifikan terjadinya robekan perineum. IMT dan durasi kala dua persalinan digunakan sebagai kovariat.
HASIL : Berdasarkan penelitian ini tidak terdapat hubungan yang bermakna antara panjang perineum dengan derajat laserasi perineum primipara spontan. Sedangkan terdapat hubungan lingkar kepala janin dan berat badan janin dengan derajat laserasi perineum primipara spontan pada kehamilan aterm. Berdasarkan analisis lebih lanjut, lingkar kepala janin lebih besar dari 325 mm meningkatkan risiko laserasi perineum derajat berat sebesar 4,4 kali (PR=4,4; 95% CI=1,4-13,9) dan berat janin lebih besar dari 3097,5 gram meningkatkan risiko sebesar 2,7 kali (PR=2,7; 95% CI=1,1-6,4) terjadinya laserasi perineum derajat berat. KESIMPULAN : Terdapat hubungan lingkar kepala janin dan berat badan janin dengan derajat laserasi perineum primipara spontan.
Kata Kunci: panjang perineum, lingkar kepala janin, berat badan janin, persalinan spontan, laserasi perineum

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: panjang perineum, lingkar kepala janin, berat badan janin, persalinan spontan, laserasi perineum
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 13 May 2024 01:22
Last Modified: 13 May 2024 01:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22842

Actions (login required)

View Item View Item