Search for collections on Undip Repository

LEGAL STANDING DISTRIBUTOR UNTUK MENGAJUKAN GUGATAN PEMBATALAN DESAIN INDUSTRI YANG MENYERUPAI PRODUK YANG DIDISTRIBUSIKAN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 64/PDT.SUS/DESAIN INDUSTRI/2020/PN.NIAGA.JKT/PST). _079 Dagang 2024

VITO, MAXIMUS SUMBER and Santoso, Budi and Islamiyati, Islamiyati (2024) LEGAL STANDING DISTRIBUTOR UNTUK MENGAJUKAN GUGATAN PEMBATALAN DESAIN INDUSTRI YANG MENYERUPAI PRODUK YANG DIDISTRIBUSIKAN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 64/PDT.SUS/DESAIN INDUSTRI/2020/PN.NIAGA.JKT/PST). _079 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Maximus Sumber Vito_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Maximus Sumber Vito_abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Maximus Sumber Vito_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
Maximus Sumber Vito_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
Maximus Sumber Vito_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
Maximus Sumber Vito_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
Maximus Sumber Vito_dapus.pdf

Download (102kB)

Abstract

Legal standing merupakan suatu hak yang memungkinkan suatu pihak untuk membawa suatu permasalahan hukum ke pengadilan dengan tujuan melindungi hak dan kewajibannya dengan berdasar pada kepentingan hukum yang dimiliki. Terdapat ketidakjelasan hukum dalam peraturan perundang-undangan terkait legal standing dalam mengajukan gugatan pembatalan desain industri, karena gugatan tersebut hanya dapat diajukan oleh pihak yang berkepentingan, namun tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai kriteria pihak berkepentingan dalam peraturan perundang-undangan. Penelitian hukum ini berfokus untuk menganalisis legal standing distributor untuk mengajukan gugatan pembatalan desain industri yang menyerupai produk yang didistribusikan, khususnya terhadap perkara sejenis dalam Putusan Nomor 64/Pdt.Sus/Desain Industri/2020/PN.Niaga.Jkt/Pst. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka yang menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian desktriptif analisis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang dikumpulkan dengan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Putusan Nomor 64/Pdt.Sus/Desain Industri/2020/PN.Niaga.Jkt/Pst telah keliru dalam menilai bahwa distributor bukan pihak yang berkepentingan dan tidak memiliki legal standing untuk mengajukan gugatan pembatalan desain industri yang menyerupai produk yang didistribusikan. Hal tersebut tidak sejalan dengan pendapat ahli dan yurisprudensi sebagai sumber hukum selain peraturan perundang-undangan yang menyatakan bahwa distributor merupakan pihak yang berkepentingan dan memiliki legal standing dalam mengajukan gugatan pembatalan desain industri yang menyerupai produk yang didistribusikan karena distributor memiliki kepentingan yang terganggu dan mengalami kerugian terhadap kegiatan distribusi yang dilakukannya, akibat pendaftaran desain industri lain yang menyerupai desain industri produk yang didistribusikannya, sehingga distributor memiliki kepentingan dan legal standing dalam mengajukan gugatan pembatalan desain industri yang menyerupai produk yang didistribusikan.
Kata Kunci: Legal Standing, Distributor, dan Gugatan Pembatalan Desain Industri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Legal Standing, Distributor, dan Gugatan Pembatalan Desain Industri
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 14 May 2024 06:36
Last Modified: 14 May 2024 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22795

Actions (login required)

View Item View Item