Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI TINDAKAN PENGAWASAN ATAS KEPATUHAN PROSES KEIMIGRASIAN IZIN TINGGAL TERBATAS TENAGA KERJA ASING OLEH KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI SEMARANG. _018 HAN 2024

DIASTUTI, FIBIYA HARNUNG and Sa'adah, Nabitatus and Azhar, Muhamad (2024) IMPLEMENTASI TINDAKAN PENGAWASAN ATAS KEPATUHAN PROSES KEIMIGRASIAN IZIN TINGGAL TERBATAS TENAGA KERJA ASING OLEH KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI SEMARANG. _018 HAN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
FIBIYA HARNUNG DIASTUTI - cover.pdf

Download (722kB)
[img] Text
FIBIYA HARNUNG DIASTUTI - abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
FIBIYA HARNUNG DIASTUTI - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
FIBIYA HARNUNG DIASTUTI - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
FIBIYA HARNUNG DIASTUTI - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
FIBIYA HARNUNG DIASTUTI - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
FIBIYA HARNUNG DIASTUTI - dapus.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Tindakan Pengawasan Atas Kepatuhan Proses Keimigrasian Izin Tinggal Terbatas Oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang. Secara khusus fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar hukum serta prosedur pengaturan pemberian dan pengawasan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) Tenaga Kerja Asing (TKA), mengetahui implementasi
pengawasan ITAS TKA terhadap prosedur keimigrasian oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, serta untuk mengetahui kendala dan upaya pengawasan dalam meningkatkan kepatuhan prosedur keimigrasian terhadap TKA di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian hukum untuk tugas akhir ini menggunakan penelitian hukum dengan pendekatan yuridis empris. Pendekatan yuridis empiris merupakan jenis metode penelitian hukum yang mengkaji ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku di masyarakat atau penelitian ini dilakukan terhadap situasi kondisi masyarakat sebenarnya dengan tujuan menemukan fakta-fakta empiris yang bersumber dari perilaku manusia, baik melalui wawancara maupun perilaku nyata yang pada akhirnya menuju pada penyelesaian masalah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, pengaturan pemberian dan pengawasan ITAS TKA, salah satunya diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian dan perundang-undangan lainnya yang mengatur izin tinggal terbatas keimigrasian. Secara dalam peraturan tersebut, berdasarkan prosedur keimigrasian terhadap TKA penggunaan ITAS, kepemilikan data pribadi yang sah dan sponsor yang menjamin TKA selama tinggal wajib dilengkapi dan di setujui oleh pihak keimigrasian. Kedua, implementasi tindakan pengawasan ITAS TKA terhadap prosedur keimigrasian oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dalam pengawasan pada TKA belum sepenuhnya mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku serta masih ditemukan pengawasan yang tidak maksimal terhadap TKA yang menggunakan ITAS. Ketiga, Kendala dan upaya pengawasan dalam meningkatkan kepatuhan perosedur keimigrasian terhadap TKA di Kantor Imigrasi kelas I TPI Semarang , yaitu baik segi kendala sulit melacak keberadaan TKA baik secara instansi perusahaan tempat TKA bekerja mempersulit untuk diawasi oleh pihak imigrasi; terbatasnya sumber daya manusia (SDM) pejabat imigrasisebagai tim pengawas, keterbatasan anggaran, serta lemahnya koordinasi pusat dan daerah; dan belum maksimalnya pengawasan TKA di Kota Semarang oleh Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) melalui penegakan hukum serta pemberian sanksi administratif bagi perusahaan yang melakukan pelanggaran, penyidikan, dan deportasi terhadap TKA yang illegal. Secara upaya yang telah dilakukan, yaitu melakukan upaya preventif dengan memaksimalkan, melakukan koordinasi dan memperluas jangkauan pengawasan Tim Pora terhadap TKA; melakukan upaya represif terhadap pelanggaran yang dilakukan TKA dengan penyelidikan, penangkapan, dan pemberian sanksi atas pelanggaran; melakukan koordinasi serta pengawasan terhadap perusahan tempat TKA bekerja; serta edukasi penggunaan ITAS terhadap TKA.
Kata Kunci: Tenaga Kerja Asing, Izin Tinggal Terbatas, Keimigrasian, Pengawasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Asing, Izin Tinggal Terbatas, Keimigrasian, Pengawasan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 May 2024 06:49
Last Modified: 03 May 2024 06:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22758

Actions (login required)

View Item View Item