Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PADA TINDAK PIDANA PENGHINAAN (Studi Kasus Putusan Pengadilan Cilacap Nomor 159/Pid.B/2021/PN Clp). _025 Acara 2024

SITORUS, ELLOYNOOR MANGIRING TUA and Sukinta, Sukinta and Utama, Kartika Widya (2024) ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PADA TINDAK PIDANA PENGHINAAN (Studi Kasus Putusan Pengadilan Cilacap Nomor 159/Pid.B/2021/PN Clp). _025 Acara 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_cover.pdf

Download (568kB)
[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_abstrak.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Elloynoor Mangiring Tua Sitorus_dapus.pdf

Download (178kB)

Abstract

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak perbuatan melanggar hukum. Salah satunya tindak pidana penghinaan pada kasus dengan Nomor Perkara 159/Pid.B/2021/PN Clp. Dalam kasus dengan Nomor Perkara 159/Pid.B/2021/PN Clp, saudari Santi Nanda Sari ditetapkan menjadi terdakwa. Adapun pokok permasalahan di sini adalah perbuatan dari terdakwa Santi Nanda Sari ini dilakukan pada 29 April 2020, di Jalan Lingkar Timur Gang Damai Rt 01/14 Kel. Tegalkamulyan Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap pada saat rapat malam hari yang membahas terkait sanksi bagi Ayah terdakwa, di rumah Saksi Dirun yang adalah Ketua RT.
Dalam penelitian ini, digunakan penelitian kualitatif, di mana penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu fenomena dan nantinya akan mengkonstruksi suatu teori yang berkaitan dengan fenomena tersebut. Metode penelitian ini kebanyakan berbentuk naratif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan induktif yang mana pendekatan induktif merupakan pendekatan yang berangkat dari fakta yang terjadi di lapangan selanjutnya peneliti menganalisis fakta yang ditemukan, membuat pertanyaan dan dikaitkan dengan teori, dari hukum yang sesuai dan ditarik kesimpulan. Selain itu, terdapat pula metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode pendekatan studi kasus. Adapun data – data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dan juga secara kepustakaan. Ditariklah sebuah kesimpulan bahwa Hakim yang memutus Perkara Nomor 159/Pid.B/2021/PN Clp, menggunakan pertimbangan yuridis, non – yuridis, filosofis, dan sosiologi untuk menjatuhkan putusan kepada terdakwa. Di mana isi putusan tersebut menyatakan bahwa terdakwa Santi Nanda Sari terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penghinaan sebagaimana yang diatur pada pasal 310 KUHP ayat (1), sehingga terdakwa Santi Nanda Sari dijatuhi hukuman penjara 1 (satu) bulan dengan masa percobaan 2 (dua) bulan, di mana pengenaan pidana tersebut bertujuan untuk memberikan efek jera pada terdakwa sehingga di masa depannya terdakwa tak mengulangi perbuatannya kembali.
Kata Kunci : pertimbangan hakim, putusan hakim, tindak pidana penghinaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pertimbangan hakim, putusan hakim, tindak pidana penghinaan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:12
Last Modified: 25 Apr 2024 06:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22665

Actions (login required)

View Item View Item