Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Penyakit Hipertensi Pada Usia Remaja di SMA Negeri 1 Kendal

Satwika, Aisyah Putri Parama and Partiningrum, Dwi Lestari and Himawan, Ari Budi and Pramono, Dodik (2023) Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Penyakit Hipertensi Pada Usia Remaja di SMA Negeri 1 Kendal. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Aisyah Putri Parama Satwika-22010120140262-TESIS-ABSTRAK)
Aisyah Putri Parama Satwika-22010120140262-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (78kB)

Abstract

Latar belakang : Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko utama yang menyebabkan penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Prevalensi hipertensi di Indonesia pada tahun 2018 menempati urutan keenam dari sepuluh dari penyakit tidak menular kronis dengan angka kejadian sebesar 34,11% pada usia ≥ 18. Pencegahan terhadap hipertensi dapat dilakukan dengan berbagai upaya salah satunya dengan penyuluhan kesehatan.

Tujuan : Mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan penyakit hipertensi pada pelajar di SMA Negeri 1 Kendal.

Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian nonequivalent control grup design. Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Subjek penelitian berjumlah 63 siswa SMA Negeri 1 Kendal. Subjek penelitian mengisi kuesioner pengetahuan tentang hipertensi yang telah divalidasi sebelumnya. Data dianalisis menggunakan uji statistik Uji T-berpasangan dan Wilcoxon.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata pengetahuan sebesar 6,77 setelah diberikan penyuluhan pada kelompok perlakuan. Pada uji Wilcoxon selisih pengetahuan didapatkan nilai p-value <0.05 sehingga menunjukkan bahwa penyuluhan kesehatan mengenai hipertensi berpengaruh terhadap pengetahuan siswa SMA Negeri 1 kendal.

Kesimpulan : Penyuluhan kesehatan berpengaruh meningkatkan pengetahuan siswa SMA Negeri 1 Kendal tentang hipertensi

Kata Kunci : Hipertensi, pengetahuan, penyuluhan kesehatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, pengetahuan, penyuluhan kesehatan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Jun 2024 05:58
Last Modified: 03 Jun 2024 05:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22638

Actions (login required)

View Item View Item