Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BRAND AWARENESS, PROMOSI, DAN HARGATERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LEMARI ES PANASONIC DI KOTA SEMARANG

ARDIANTI, RICHARDIA AYU CHRISTY (2023) PENGARUH BRAND AWARENESS, PROMOSI, DAN HARGATERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LEMARI ES PANASONIC DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (865kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya kebutuhan dan permintaan pasar atas barang-barang elektronik
merupakan peluang bagi pelaku bisnis barang elektronik. Hal tersebut membuat
para perusahaan yang bergerak di bidang industri barang elektronik menjadi
berlomba-lomba untuk bisa memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen.
Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Diantaranya yaitu brand awareness, promosi, serta harga. Perusahaan terus
berusaha untuk meningkatkan brand awareness, menggencarkan promosi, serta
menetapkan harga terbaik guna memenangkan persaingan.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari brand
awareness, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian produk lemari es
Panasonic secara parsial dan simultan. Tipe penelitian yang digunakan yaitu
penelitian eksplanatori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
nonprobability sampling yaitu dengan purposive sampling. Sampel yang diambil
sebanyak 100 orang yang berdomisili di Kota Semarang dan pernah melakukan
pembelian lemari es Panasonic. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan menggunakan bantuan google form. Adapun dalam
analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien
determinasi, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji t,
dan uji F. Analisis data tersebut dilakukan dengan bantuan software SPSS.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa brand awareness, promosi, dan harga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial dan
simultan. Secara parsial brand awareness dan promosi memiliki pengaruh yang
sedang terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga memiliki pengaruh yang
kuat terhadap keputusan pembelian. Namun secara simultan ketiga variabel
memberikan pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian dengan persentase
sebesar 52,1%
Berdasarkan hasil penelitian, diberikan saran bagi perusahaan agar dapat
meningkatkan brand awareness dari Panasonic terutama untuk kategori produk
lemari es agar menjadikan Panasonic sebagai merek yang pertama kali muncul (top
of mind) dalam benak konsumen ketika memikirkan produk lemari es. Kemudian
perusahaan dapat meningkatkan frekuensi promosi yang dilakukan dengan terus
menggencarkan promosi-promosi melalui berbagai media promosi. Serta bagi
perusahaan agar dapat meninjau kembali terkait kebijakan harga yang ditetapkan
terutama dari sisi keterjangkauan harga agar semakin banyak konsumen yang
mampu menjangkau produk dari Panasonic.
Kata Kunci: Brand Awareness, Promosi, Harga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:19
Last Modified: 19 Apr 2024 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item View Item