Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Motivasi Kerja, Dan Self-Directed Learning Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Work Life Balance Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT. Propernas Griya Utama)

Ayu Puspitasari, Dyah (2024) Pengaruh Motivasi Kerja, Dan Self-Directed Learning Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Work Life Balance Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT. Propernas Griya Utama). Masters thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
SAMPUL.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (943kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peran karyawan sebagai tulang punggung perusahaan telah berkembang menjadi aset dan bukan beban keuangan. Penelitian ini berfokus pada PT Propernas Griya Utama yang mengalami penurunan kinerja sejak adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini mempergunakan Goal setting theory yang dikembangkan oleh Locke yang menjelaskan hubungan diantara tujuan yang dipunyai dengan perilaku kerja. Gagasan mendasar dari teori ini menyatakan bahwasanya tujuan yang dipunyai oleh seseorang dapat memengaruhi cara kerja mereka. Tujuan penelitian ini adalah guna melihat pengaruh motivasi kerja dan self-directed learning terhadap kinerja karyawan, dengan work-life balance sebagai variabel intervening. Secara teoritis, harapannya penelitian ini bisa memberikan kontribusi terhadap pengembangan goal setting theory. Dari sisi manajerial, temuan ini dapat membantu PT Propernas Griya Utama dalam merancang kebijakan, memberikan motivasi, dan meningkatkan pembelajaran mandiri untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja dan kinerja karyawan. Secara sosial, penelitian ini bisa menjadi pedoman untuk mengkaji lebih dalam berbagai faktor yang memengaruhi kinerja karyawan.
Penelitian mempergunakan pendekatan penelitian eksplanatori dengan fokus pada PT Propernas Griya Utama. Pengumpulan data dijalankan dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah sampel yang dipergunakan sebanyak 81 responden melalui metode sensus, dengan kuesioner sebagai alat untuk pengumpulan data. Metode analisis data mempergunakan (SEM-PLS) serta diolah mempergunakan Smart-PLS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya motivasi kerja, self-directed learning, dan work life balance mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwasanya work life balance memediasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dan work life balance juga memediasi pengaruh self-directed learning terhadap kinerja karyawan. Saran yang bisa diberikan untuk PT. Propernas Griya Utama berdasarkan hasil penelitian adalah perusahaan perlu mempertimbangkan untuk memberikan bonus sesuai dengan kinerja karyawan untuk memotivasi karyawan, perusahaan juga perlu memberikan pelatihan untuk merancang sistem proses pembelajaran mandiri, dan untuk penelitian yang akan mendatang sebaiknya menggunakan objek penelitian yang berbeda agar bisa menjadi pembanding.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: Rusmanto MABIS
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:27
Last Modified: 19 Apr 2024 01:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22627

Actions (login required)

View Item View Item