Search for collections on Undip Repository

KOMITMEN NEGARA-NEGARA ANGGOTA ASEAN TERHADAP PELAKSANAAN RESOLUSI DEWAN KEAMANAN PBB NO. 1325 TAHUN 2000 TENTANG AGENDA WOMEN, PEACE, AND SECURITY (WPS). _011 HI 2024

NINGRUM, JENITA ISTIA and Roisah, Kholis and Farida, Elfia (2024) KOMITMEN NEGARA-NEGARA ANGGOTA ASEAN TERHADAP PELAKSANAAN RESOLUSI DEWAN KEAMANAN PBB NO. 1325 TAHUN 2000 TENTANG AGENDA WOMEN, PEACE, AND SECURITY (WPS). _011 HI 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Jenita Istia Ningrum_cover.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Jenita Istia Ningrum_abstrak.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Jenita Istia Ningrum_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
Jenita Istia Ningrum_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
Jenita Istia Ningrum_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
Jenita Istia Ningrum_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Jenita Istia Ningrum_dapus.pdf

Download (282kB)

Abstract

Pencapaian terhadap agenda WPS yang dimulai dengan adopsi Resolusi DK-PBB No. 1325 oleh Dewan Keamanan PBB pada tahun 2000, terus dikembangkan melalui implementasi oleh negara anggota melalui rencana aksi nasional (RAN)/national action plan (NAP) maupun tindakan strategis lainnya. Organisasi internasional pun turut melaksanakan ketentuan yang ada di dalam resolusi tersebut. Demikian, ASEAN bersama dengan negara anggotanya menyatakan komitmen bersama terhadap agenda ini guna meningkatkan keberlanjutan perdamaian dan keamanan di masing-masing wilayahnya. Dengan menggunakan pendekatan doktrinal, yang sumber datanya merupakan data sekunder, kemudian dianalisis secara kualitatif, penelitian ini menggambarkan bagaimana negara anggota ASEAN berupaya untuk mewujudkan komitmen tersebut melalui hubungan lintas sektoral antar badan sektoral ASEAN dan hubungan eksternal bersama entitas international. Kemudian, pada tahun 2022, hadir the Regional Plan of Action on Women, Peace, and Security (RPA WPS) oleh ASEAN sebagai suatu hasil keputusan bersama yang dilakukan oleh negara anggota terhadap agenda WPS di wilayah regionalnya. Rencana aksi regional tersebut menjadi harapan dan dorongan bagi masing-masing negara anggota untuk mengimplementasikan agenda WPS melalui kebijakan maupun ketentuan lainnya, yang sampai hari ini telah dilakukan oleh tiga negara anggota ASEAN, yaitu Filipina, Indonesia, dan Timor Leste bahkan sebelum RPA WPS hadir. Selain itu, negara anggota ASEAN lainnya turut berkontribusi berdasarkan prioritas yang relevan dengan peningkatan partisipasi perempuan dalam pembangunan perdamaian, pemeliharaan perdamaian, dan pengembangan agenda WPS ini.
Kata kunci: Komitmen, Negara Anggota ASEAN, Agenda WPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komitmen, Negara Anggota ASEAN, Agenda WPS
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:32
Last Modified: 22 Apr 2024 01:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22610

Actions (login required)

View Item View Item