Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Latihan High-Intensity Interval Training (HIIT) terhadap Nilai Arus Puncak Ekspirasi pada Mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Salsabila, Syafa and Kumaidah, Endang and Adyaksa, Gana and Marijo, Marijo (2024) Pengaruh Latihan High-Intensity Interval Training (HIIT) terhadap Nilai Arus Puncak Ekspirasi pada Mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

This is the latest version of this item.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
SYAFA SALSABILA-22010120130115-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (18kB)

Abstract

Latar Belakang: Sebagai salah satu agen promosi kesehatan, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) diharapkan dapat memberi contoh pola hidup yang baik kepada masyarakat, salah satunya adalah latihan fisik teratur. Namun, hal ini sering terabaikan karena kurangnya waktu akibat kesibukan yang melanda mahasiswa FK. High-Intensity Interval Training (HIIT) merupakan suatu jenis latihan fisik yang dapat dilakukan dalam waktu singkat dengan menerapkan periode latihan alternatif antara latihan intensitas tinggi dan rendah atau antara latihan anaerobik intensitas tinggi dan periode istirahat yang singkat. Kemajuan latihan fisik dapat diketahui melalui parameter fisiologis, salah satunya adalah arus puncak ekspirasi yang merupakan kecepatan aliran udara maksimal diperoleh dengan cara melakukan ekspirasi maksimal dan didahului dengan inspirasi maksimal.

Tujuan: Mengetahui pengaruh latihan High-Intensity Interval Training (HIIT) terhadap nilai arus puncak ekspirasi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Metode: Penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian quasi experimental dengan metode pretest dan posttest nonequivalent control group. Subjek penelitian adalah 34 mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang diperoleh secara purposive sampling dan dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok perlakuan (n=16) yang mengikuti latihan HIIT selama 6 minggu dan kelompok kontrol (n=18) yang tidak mengikuti latihan HIIT. Arus puncak ekspirasi diukur dengan peak flow meter. Analisis statistik menggunakan uji-T berpasangan dan uji-T tidak berpasangan.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan perbedaan nilai arus puncak ekspirasi yang signifikan (p<0,001) pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, didapatkan peningkatan nilai arus puncak ekspirasi yang signifikan (p=0,001) antara sebelum dan setelah diberikan intervensi latihan HIIT pada kelompok perlakuan.

Simpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan High-Intensity Interval Training (HIIT) terhadap arus puncak ekspirasi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Kata Kunci: High-Intensity Interval Training, arus puncak ekspirasi, peak flow meter, mahasiswa fakultas kedokteran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: High-Intensity Interval Training, arus puncak ekspirasi, peak flow meter, mahasiswa fakultas kedokteran
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:38
Last Modified: 19 Jun 2024 03:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22604

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item