Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP IMPLEMENTASI MEKANISME PENANAMAN MODAL DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) GRESIK. _073 DAGANG 2024

HAIRA, ADILA and Mahmudah, Siti and Prasetyo, Agung Basuki (2024) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP IMPLEMENTASI MEKANISME PENANAMAN MODAL DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) GRESIK. _073 DAGANG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Adila Haira_cover.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Adila Haira_abstrak.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Adila Haira_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
Adila Haira_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
Adila Haira_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
Adila Haira_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
Adila Haira_dapus.pdf

Download (399kB)

Abstract

Indonesia merupakan suatu wilayah yang sangat luas serta memiliki banyak potensi yang dapat menciptakan tumbuhnya perekonomian. Atas hal itu, Indonesia membutuhkan penanaman modal baik dari dalam maupun luar negeri. Penanaman modal di suatu wilayah negara merupakan hal yang sangat penting karena dapat menciptakan dampak ganda dan pertumbuhan ekonomi yang kuat bagi masyarakat di sekitarnya. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah demi terwujudnya penanaman modal. Upaya tersebut yakni kemudahan mekanisme pelayanan untuk penanaman modal serta dibentuknya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang hingga sekarang berjumlah 20 di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui mekanisme penanaman modal secara umum di Indonesia serta perbedaannya dengan mekanisme penanaman modal di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia atau khususnya KEK Gresik. Metode yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yang menggunakan analisis deskriptif, menggunakan sumber data bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Penelitian ini juga mengumpulkan data melalui wawancara dengan narasumber serta mengolah data yang didapatkan dengan teknik yuridis kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang terdapat dalam mekanisme penanaman modal di Indonesia setelah berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja. Perbedaan dari sistem sebelumnya dapat memudahkan para pelaku usaha mengurus perizinan penanaman modal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perizinan di KEK lebih mudah dan Pelaku Usaha di KEK mendapatkan fasilitas fiskal dan non-Fiskal. KEK Gresik telah melakukan perintah yang diamanatkan oleh Undang-Undang sesuai visi-misinya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempermudah sistem penanaman modal bagi Pelaku Usaha yang melakukan penanaman modal.
Kata Kunci : Penanaman Modal, Mekanisme, Perizinan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Modal, Mekanisme, Perizinan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:16
Last Modified: 05 Apr 2024 04:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22542

Actions (login required)

View Item View Item