Search for collections on Undip Repository

IMPLIKASI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP HAK-HAK PEKERJA (STUDI TERHADAP FACE RECOGNITION BOARDING GATE DI STASIUN SEMARANG TAWANG BANK JATENG). _023 HAN 2024

KAMAL, MUHAMMAD YUSUF and Azhar, Muhamad and Suhartoyo, Suhartoyo (2024) IMPLIKASI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP HAK-HAK PEKERJA (STUDI TERHADAP FACE RECOGNITION BOARDING GATE DI STASIUN SEMARANG TAWANG BANK JATENG). _023 HAN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Muhammad Yusuf Kamal-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Yusuf Kamal-abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Muhammad Yusuf Kamal-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
Muhammad Yusuf Kamal-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
Muhammad Yusuf Kamal-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
Muhammad Yusuf Kamal-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
Muhammad Yusuf Kamal-dapus.pdf

Download (584kB)

Abstract

Perkembangan teknologi memiliki dampak pada hampir seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah bidang ketenagakerjaan. Munculnya teknologi baru seperti artificial intelligence memiliki implikasi pada pekerja di berbagai sektor, baik dampak positif yang meringankan beban kerja maupun dampak negatif yang bisa membawa pada pemutusan hubungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaturan terkait penggunaan artificial intelligence pada bidang ketenagakerjaan di Indonesia serta implikasi penggunaan artificial intelligence terhadap hak hak pekerja di PT Kereta Api Indonesia pasca penggunaan face recognition boarding gate di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan non doktrinal dengan pengonsepan hukum sebagai law in actions atau hukum dalam dunia nyata. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan permasalahan tertentu berdasarkan data yang sudah diperoleh dari berbagai sumber untuk diambil kesimpulan secara umum. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan pekerja PT Kereta Api Indonesia di Kantor Daerah Operasi IV Semarang sehingga menghasilkan data primer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Indonesia belum terdapat aturan khusus yang mengatur penggunaan artificial intelligence secara eksplisit utamanya di bidang ketenagakerjaan, aturan yang sudah ada berupa aturan aturan parsial mengenai teknologi yang belum bisa dikatakan termasuk jenis artificial intelligence. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan face recognition boarding gate di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng memang
mempunyai implikasi terhadap pekerja, namun ke arah yang positif, yaitu mengurangi beban kerja petugas check in untuk memeriksa tiket pelanggan. Mengenai hak hak pekerja, tidak terdapat implikasi dari penggunaan face recognition boarding gate, hak hak pekerja tetap terpenuhi sama seperti sebelum penggunaan face recognition boarding gate.
Kata Kunci: Artificial intelligence, Face Recognition Boarding Gate, Hak-Hak Pekerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Artificial intelligence, Face Recognition Boarding Gate, Hak-Hak Pekerja
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:10
Last Modified: 04 Apr 2024 07:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22515

Actions (login required)

View Item View Item