Search for collections on Undip Repository

PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Avoskin Kota Semarang)

Ramadhan, Syifa Aulia (2024) PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Avoskin Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (360kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku keputusan pembelian merupakan proses kompleks yang dapat
dipengaruhi oleh beragam faktor, di antaranya green product, green brand image,
dan trust. Konsumen mengalami perubahan perilaku menjadi semakin sadar
mengenai dampak dari produk yang dikonsumsi. Konsumen cenderung memilih
produk yang dianggap ramah lingkungan sehingga penerapan green product selain
untuk membangun profitabilitas, tetapi juga berkontribusi dalam perlindungan
lingkungan. Green brand image timbul dari interaksi yang kemudian menarik minat
konsumen yang peduli lingkungan karena reputasi lingkungannya. Reputasi baik
terkait komitmen lingkungan akan mendorong konsumen yang sadar lingkungan
untuk mempercayai merek tersebut. Trust konsumen terhadap suatu produk ramah
lingkungan akan mendorong individu dengan kepekaan lingkungan untuk membeli
karena ia mempercayai produk tersebut.
Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif bertipe explanatory
research menggunakan kuesioner. Kriteria sampel penelitian ialah responden
berdomisili di Kota Semarang, pernah melakukan pembelian Avoskin minimal
sekali dalam 2 bulan terakhir, dan berusia minimal 17 tahun. Data diolah
menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan green product dan green
brand image berpengaruh terhadap trust, green product dan trust berpengaruh
terhadap keputusan pembelian, serta green product berpengaruh terhadap
keputusan pembelian dengan trust sebagai variabel mediasi. Akan tetapi, green
brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun jika melalui
trust maka variabel ini berpengaruh. Hasil ini sesuai dengan teori perilaku
konsumen yang menyatakan bahwa konsumen cenderung memilih produk sesuai
dengan nilai dan preferensinya.
Penelitian ini menyarankan PT Avo Innovation Technology untuk lebih
memasifkan program kelestarian lingkungan, melakukan transparansi praktik bisnis
dengan memberikan informasi yang jelas tentang praktik bisnisnya, serta
menerbitkan laporan sustainability report untuk melaporkan kinerja lingkungan
yang telah dilakukan.
Kata kunci: Green Product, Green Brand Image, Trust, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:11
Last Modified: 31 May 2024 03:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22415

Actions (login required)

View Item View Item