Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PENGGUNA JASA LAYANAN GRABBIKE DI KOTA SEMARANG)

Priyamitra, Elisabeth Siki Ayu (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PENGGUNA JASA LAYANAN GRABBIKE DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (511kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (80kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (77kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (412kB)

Abstract

Kepuasan pelanggan membawa dampak bagi perusahaan. Dari terciptanya
kepuasan pelanggan tersebut dapat memberikan berbagai manfaat, diantaranya
hubungan antara perusahaan dengan pelanggan menjadi harmonis, memberikan
dasar yang baik bagi pembelian ulang, terciptanya loyalitas pelanggan serta
membentuk word of mouth yang dapat menguntungkan bagi perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,
harga dan perceived usefulness terhadap kepuasan pelanggan. Tipe penelitian yang
digunakan adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah
pengguna yang pernah menggunakan jasa layanan transportasi Grabbike di kota
Semarang sebanyak 96 orang. Teknik sampling menggunakan teknik
nonprobability sampling, purposive sampling dan accidental sampling. Pengolahan
data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan
signifikan secara parsial dan simultan antara kualitas pelayanan, harga dan
perceived usefulness terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna jasa transportasi
Grabbike di kota Semarang. Disarankan untuk memberikan himbauan pada seluruh
driver Grabbike untuk tetap terus menggunakan atribut Grab sebagai identitas
selama melakukan pelayanan, memonitor dan mengevaluasi penetapan tarif
dengan tidak mengurangi pelayanan yang diberikan, menciptakan suatu inovasi
baru yang dapat memberikan persepsi manfaat yang lebih dibanding penyedia
jasa lainnya sehingga dapat menciptakan daya tarik menggunakan jasa layanan
transportasi Grabbike.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Perceived Usefulness, Kepuasan
Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:08
Last Modified: 31 May 2024 03:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22409

Actions (login required)

View Item View Item