Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Lembaga Penyelenggara Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) dalam Pencegahan Penanganan Kasus Kekerasan dan Bullying Anak di Kota Semarang

Nurayuni, Indah (2024) Efektivitas Lembaga Penyelenggara Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) dalam Pencegahan Penanganan Kasus Kekerasan dan Bullying Anak di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (661kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (549kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (413kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah Kota Semarang telah mendirinkan Rumah Duta Revolusi Mental untuk mengatasi kekerasan pada anak, tetapi jumlah kekerasan anak di Kota Semarang tahun 2020 sebanyak 71 kasus, tahun 2021 meningkat menjadi 80 kasus, meningkat sebanyak 12% dan pada tahun 2022 sebanyak 136 kasus atau meningkat sebanyak 70%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas lembaga penyelenggara Rumah Duta Revolusi Mental dalam pencegahan penanganan kasus kekerasan dan bullying anak di Kota Semarang dan menganalisis faktor pendukung penghambat efektivitas lembaga penyelenggara Rumah Duta Revolusi Mental. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil temuan yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi menunjukan pada sisi pencegahan, RDRM belum efektif dalam mencegah kekerasan dan bullying karena layanan psikoedukasi belum optimal, sedangkan pada sisi penanganan RDRM sudah dikatakan efektif yang dibuktikan dengan jumlah klien yang telah ditangani. Faktor penghambat efektivitas lembaga penyelenggara RDRM yaitu ciri organisasi dan ciri lingkungan, sedangkan faktor pendukung yaitu ciri pekerja dan kemampuan praktik dan manajemen. Simpulan penelitian ini yaitu sisi pencegahan kekeran dan bullying yang dilakukan lembaga penyelenggara RDRM belum efektif, sedangkan sisi penanganan kekerasan dan bullying yang dilakukan oleh lembaga penyelenggara RDRM sudah efektif. Oleh karena itu, rekomendasi penelitian ini yaitu melakukan penyebaran informasi rekrutmen magang secara rutin dan pembukaan mahasiswa magang dari rumpun ilmu komputer untuk membantu pengelolaan sosial media.

Kata Kunci: Efektivitas, Rumah Duta Revolusi Mental, P2KKB

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:50
Last Modified: 02 Apr 2024 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22386

Actions (login required)

View Item View Item