Search for collections on Undip Repository

Pelayanan Poli Umum Puskesmas Jatibening Baru Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi

Wicaksono, Nabil Andika (2024) Pelayanan Poli Umum Puskesmas Jatibening Baru Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (819kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (493kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, pemerintah
memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat.
Salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan yang
berkualitas kepada masyarakat, yaitu melalui Pusat Kesehatan Masyarakat
(PUSKESMAS). Namun pelayanan yang diberikan Puskesmas masih memiliki
berbagai masalah yakni masih banyaknya keluhan masyarakat terkait sarana
prasarana di Puskesmas, ketepatan waktu pelayanan, dan sikap dan perilaku petugas
puskesmas. Dalam hal ini beberapa fakta di lapangan menemukan bahwa
Puskesmas Jatibening Baru masih belum memiliki peraturan yang mengikat terkait
penerapan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini menganalisis kualitas
pelayanan Puskesmas Jatibening Baru khususnya pada Layanan Poli Umum &
Lansia ini menggunakan kesimpulan dari teori-teori kualitas pelayanan yang
berasal dari Zeithaml, Pasaruman, dan Berry serta menganalisis faktor yang
menghambat kualitas pelayanan menggunakan kesimpulan dari teori faktor yang
mempengaruhi kualitas pelayanan yang berasal dari Moenir dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa
kualitas Puskesmas Jatibening Baru masih belum optimal pada dimensi tangible,
realibility, responsiveness, dan assurance. Kondisi ini dilatabelakangi dengan
beberapa faktor yang masih menghambat terkait dengan faktor kesadaran, faktor
organisasi, faktor pendapatan, faktor kemampuan dan keterampilan, dan faktor
sarana pelayanan. Peneliti memberikan rekomendasi untuk menjawab
permasalahan penelitian yang telah dianalisis yakni dengan memperbaiki dimensidimensi yang masih belum maksimal.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Faktor yang Mempengaruhi Pelayanan Publik,
Puskesmas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:31
Last Modified: 31 May 2024 02:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22342

Actions (login required)

View Item View Item