Search for collections on Undip Repository

NATION BRANDING DALAM MEDIA DIPLOMASI PUBLIK: UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN INDONESIA DI MASA PANDEMI MELALUI DUBAI EXPO 2020

Putri, Adira Amanda (2024) NATION BRANDING DALAM MEDIA DIPLOMASI PUBLIK: UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN INDONESIA DI MASA PANDEMI MELALUI DUBAI EXPO 2020. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (898kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (498kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang yakni memperkenalkan nation
branding Indonesia, melalui partisipasi negara tersebut dalam media diplomasi
Dubai Expo 2020. Partisipasi tersebut sebagai bentuk upaya dari Pemerintah
Indonesia dalam meningkatkan perekonomian negara yang terkena dampak dari
pandemi COVID-19. Berangkat dari latar belakang diatas, muncul rumusan
masalah yaitu bagaimana upaya Pemerintah Indonesia dalam menjalankan nation
branding Indonesia melalui media diplomasi publik Dubai Expo 2020 sebagai
upaya meningkatkan perekonomian negara di masa pandemi?
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan terkait upaya Pemerintah
Indonesia dalam melaksanakan diplomasi publiknya yang berbentuk nation
branding Indonesia melalui Paviliun Indonesia di Dubai Expo 2020. Kemudian
dalam menjawab rumusan masalah dan tujuan penelitian, penelitian ini
menggunakan konsep diplomasi publik dan konsep nation branding. Lalu nation
branding tersebut disesuaikan dengan alat evaluasi “National Brand Pentagon”
yang meliputi 5 unsur: adanya kebijakan luar negeri, memperkenalkan kebudayaan,
mempromosikan pariwisata, mendorong ekspor, dan menarik investasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder.
Data primer didapatkan melalui wawancara dengan 2 narasumber yaitu Ketua
Sekretariat Paviliun Indonesia di Dubai Expo 2020 dan Delegasi dari Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sedangkan data sekunder berupa kajian pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Indonesia dapat menjalankan
nation branding Indonesia sesuai dengan alat evaluasi “National Brand Pentagon
melalui Dubai Expo 2020, serta dapat memberikan citra positif Indonesia di mata
dunia.
Kata Kunci: Indonesia, Diplomasi Publik, Nation Branding, Dubai Expo 2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:43
Last Modified: 31 May 2024 04:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22322

Actions (login required)

View Item View Item