Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING DI INDONESIA

Amanah, Kurnia Fatma (2024) PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER (8).pdf - Submitted Version

Download (691kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (617kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (6).pdf - Submitted Version

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN (6).pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis di Indonesia terutama di sektor kecantikan dan kosmetik semakin
ketat, karena saat ini sudah banyak brand kecantikan lokal yang bermunculan salah
satu yang terkenal adalah Scarlett Whitening. Persentase kenaikan angka penjualan
Scarlett Whitening menjadi yang terkecil dibandingkan dengan para pesaingnya
yang disebabkan oleh beberapa faktor.
Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh
Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian produk Scarlett Whitening, (2)
untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap
Keputusan Pembelian produk Scarlett Whitening. Penelitian ini merupakan
penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini
terdiri dari Brand Ambassador, Electronic Word of Mouth , dan Keputusan
Pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Scarlett Whitening yang
mengetahui Song Joong-Ki, berusia minimal 18 tahun, berdomisili di Indonesia,
dan pernah atau sedang menggunakan produk Scarlett Whitening dalam satu tahun
terakhir.
Penentuan jumlah responden pada penelitian ini menggunakan non probability
sampling dengan purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden,
kemudian pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Brand Ambassador memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Keputusan Pembelian dan Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk Scarlett Whitening.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diajukan saran kepada Scarlett Whitening
yaitu (1) untuk dapet lebih selektif jika akan memilih Brand Ambassador baru, (2)
diharapkan dapat mempertahankan serta meningkatkan kualitas produk, kualitas
kemasan, kualitas pelayanan serta aspek penting lainnya agar dapat membentuk
Electronic Word of Mouth yang positif, sehingga para konsumen dapat
menyebarkan Electronic Word of Mouth yang positif di media sosial dan online
review.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian; Brand Ambassador; Electronic Word of
Mouth (e-WOM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:13
Last Modified: 01 Apr 2024 04:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22312

Actions (login required)

View Item View Item