HASIANA, ELIZA JULY and Priyono, Ery Agus and Irawati, Irawati (2024) Legal Research Against Consumers on Submission of Public Facility Complaints Through Social Media (Study on Green Pramuka City Apartments). _037 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
Text
ELIZA JULY HASIANA - cover.pdf Download (797kB) |
|
Text
ELIZA JULY HASIANA - abstrak.pdf Download (170kB) |
|
Text
ELIZA JULY HASIANA - bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
Text
ELIZA JULY HASIANA - bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
Text
ELIZA JULY HASIANA - bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
ELIZA JULY HASIANA - bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
Text
ELIZA JULY HASIANA - dapus.pdf Download (418kB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang muncul dalam praktek perlindungan hukum terhadap hak konsumen dalam menyampaikan keluhan melalui Media Sosial. Sebagai realitas yang ada, terdapat banyak konsumen yang menghadapi kesulitan saat mengemukakan pendapat atau keluhan mereka mengenai barang atau jasa yang mereka konsumsi melalui media sosial. Hal ini
menciptakan ketidakpastian dalam pemahaman tentang bagaimana perlindungan hukum yang seharusnya ada. Dalam konteks yang lebih spesifik, permasalahan tersebut juga berdampak pada peran Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia dalam pemenuhan tanggung jawabnya terhadap konsumen atas keluhan terkait
fasilitas Apartemen. Yayasan tersebut seharusnya efektif dalam menangani keluhan konsumen dan berperan aktif dalam menjaga hak-hak konsumen. Pada praktiknya terdapat ketidaksesuaian antara apa yang seharusnya terjadi dan apa yang terjadi dalam praktiknya.
Metode pendekatan yang dipergunakan dalam usulan penelitian ini
adalah penelitian yuridis normatif (metode penelitian hukum normatif). Metode penelitian yuridis normatif adalah penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau data sekunder belaka. Penelitian ini dilakukan guna untuk mendapatkan bahan-bahan berupa: teori-teori, konsep-
konsep, asas-asas hukum serta peraturan hukum yang berhubungan dengan pokok bahasan.
Hasil penelitian dalam penulisan ini adalah Perlindungan hukum
terhadap hak konsumen dalam menyampaikan keluhan melalui media sosial barang dan/atau jasa di media sosial dilindungi oleh dua hak yang utama yaitu hak atas informasi yang benar dan jujur serta hak untuk didengar pendapat dan keluhannya sebagaimana ditentukan dalam Pasal 4 huruf c dan huruf d UUPK dan serta Peran Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia dalam pemenuhan tanggung jawabnya terhadap konsumen atas keluhan terkait fasilitas Apartemen yang dilakukan di dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen ialah dengan cara penelitian, pengujian, dan atau survey, terhadap aspek yang meliputi pemuatan informasi tentang resiko penggunaan barang pemasangan label, pengiklanan, dan lain-lain yang diisyaratkan oleh ketentuan peraturan
perundang-undangan dan kebiasaan dalam praktek dunia usaha, menuntut upaya pemberian pemahaman dan peningkatan kesadaran apa yang menjadi hak-haknya.
Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Fasilitas Umum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Konsumen, Fasilitas Umum |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Mr Perpus FH1 |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 04:01 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 04:01 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22302 |
Actions (login required)
View Item |