Search for collections on Undip Repository

OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT (E-TLE) OLEH DITLANTAS POLDA JAWA TENGAH DI WILAYAH KOTA SEMARANG

Tamia, Diva Nur (2024) OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT (E-TLE) OLEH DITLANTAS POLDA JAWA TENGAH DI WILAYAH KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (743kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (800kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penegakan hukum lalu lintas yang efektif dan efisien menjadi fokus utama dalam meningkatkan pelayanan publik di wilayah perkotaan. Salah satu upaya yang diambil adalah penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE), yang diperkenalkan oleh Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Jawa Tengah di Kota Semarang. Studi ini bertujuan untuk menganalisis proses dari optimalisasi pelayanan publik melalui implementasi E-TLE dalam penegakan hukum lalu lintas di wilayah Kota Semarang dan mengidentifikasi faktor keberhasilan dalam optimalisasi. Optimalisasi ini sangat penting dalam berbagai kegiatan Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah terutama yang berhubungan dengan pemberian layanan kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif dan menggunakan Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Temuan menunjukkan bahwa penerapan E-TLE telah meningkatkan efisiensi penegakan hukum, mempercepat penindakan terhadap pelanggaran, dan mengurangi kecelakaan lalu lintas. Selain itu, pelayanan publik juga memperoleh manfaat dengan adanya sistem ini, karena proses penegakan hukum yang lebih cepat dan transparan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aparat kepolisian. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang pentingnya teknologi dalam meningkatkan pelayanan publik dan efektivitas penegakan hukum lalu lintas di kota-kota metropolitan. Langkah-langkah selanjutnya dapat mencakup perluasan jaringan E-TLE dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kepatuhan terhadap aturan lalu lintas untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib bagi semua pengguna jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi melalui E-TLE di Kota Semarang sudah cukup baik.

Kata Kunci: Optimalisasi Agus Dwiyanto, Pelayanan Publik, E-Service

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:02
Last Modified: 31 May 2024 02:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22296

Actions (login required)

View Item View Item