Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERCEIVED RISK DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Pengguna ShopeePay di Kalangan Generasi Milenial dan Z di Jakarta)

Riyadi, Azka Safira Eti (2024) PENGARUH PERCEIVED RISK DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Pengguna ShopeePay di Kalangan Generasi Milenial dan Z di Jakarta). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (352kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan digitalisasi pada sistem keuangan dan metode
pembayaran pada perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce, salah satunya
yaitu ShopeePay yang menjadi salah satu e-wallet yang diminati oleh masyarakat
dalam bertransaksi secara online. Namun, berdasarkan pada data survei yang
dilakukan oleh Populix pada “PopVoice Gen Z and Millennials Report Q1 2023”
menunjukkan bahwa masih rendahnya frekuensi top-up ShopeePay yaitu hanya
sebesar 30% generasi milenial dan 28% generasi z yang hanya melakukan top-up
ShopeePay 2-3 kali setiap bulannya. Hal tersebut juga didukung oleh adanya
beberapa komentar terkait kendala yang terjadi pada saat melakukan transfer dan
top-up saldo ShopeePay berdasarkan ulasan atau komentar yang diunggah melalui
media sosial “X”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perceived
risk dan perceived ease of use terhadap behavioral intention melalui trust sebagai
variabel mediasi pada pengguna ShopeePay di kalangan generasi milenial dan z di
Kota Jakarta.
Tipe penelitian yang digunakan yaitu eksplanatori dengan pendekatan
kuantitatif dan dianalisis menggunakan SmartPLS 3.2.9. Jumlah sampel yang
digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik
pengumpulan data melalui kuesioner secara offline dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived risk berpengaruh
positif dan tidak signifikan terhadap behavioral intention, perceived ease of use
berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention, perceived risk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust, perceived ease of use
berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust, perceived risk berpengaruh
positif dan tidak signifikan terhadap behavioral intention dimediasi trust, dan
perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral
intention dimediasi trust. Saran pada penelitian ini, ShopeePay perlu melakukan
evaluasi secara berkala terkait sistem layanan transaksi untuk meminimalisasi risiko
yang akan terjadi dan meningkatkan fitur layanan transaksi untuk mempermudah
pengguna dalam bertransaksi dan memperkuat niat berperilaku pengguna dalam
bertransaksi menggunakan ShopeePay.
Kata Kunci: Perceived Risk, Perceived Ease of Use, Trust, dan Behavioral
Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:29
Last Modified: 31 May 2024 02:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22248

Actions (login required)

View Item View Item