Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION pada Pengguna Grab di Kota Semarang

DEWI, AULIA NURPUTTIK PUSPITA (2024) PENGARUH E-SERVICE QUALITY, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION pada Pengguna Grab di Kota Semarang. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (844kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi melalui internet menyebabkan perubahan gaya hidup
masyarakat Indonesia dalam hal transportasi. Hal tersebut mendorong
terciptanya perusahaan ride hailing. Grab merupakan salah satu perusahaan ride
hailing yang sangat aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia dimana pada
tahun 2020-2021 jumlah penggunanya mengungguli Gojek, Maxim, dan
InDrive. Namun, pada tahun 2022 Grab mengalami penurunan pengguna
sebesar 9,1%.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality,
Customer Experience, dan Perceived Value terhadap Behavioral Intention pada
pengguna Grab di Kota Semarang. Jumlah sampel sebanyak 100 responden
dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling, yaitu purposive
sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi pustaka. Tipe
penelitian berupa penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif dan
diolah menggunakan software SPPS for windows 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan variabel E-Service Quality berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention, Customer Experience
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention, Perceived
Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention, EService Quality, Customer Experience, dan Perceived Value berpengaruh positif
dan signifikan secara simultan terhadap Behavioral Intention. Kontribusi
pengaruh paling besar berada pada variabel Perceived Value dengan persentase
kontribusi sebesar 37%.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah Grab perlu
meningkatkan efisiensi pelayanan dan menjadi lebih responsif, melakukan
inovasi dengan cara menjalin kerja sama dengan perusahaan lain, meningkatkan
interaksi para penggunanya dan meningkatkan fitur navigasi untuk pengemudi.
Selain itu, saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat memperluas locus
penelitian tidak hanya di Kota Semarang tetapi mengikutsertakan Kabupaten
Semarang dan menambahkan variabel lain seperti variabel satisfaction sebagai
variabel intervening.
Kata kunci: E-Service Quality, C

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:43
Last Modified: 31 May 2024 02:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22192

Actions (login required)

View Item View Item