Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBELI SATUAN RUMAH SUSUN ATAS WANPRESTASI PENGEMBANG DALAM PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL BELI SATUAN RUMAH SUSUN. _017 Perdata 2024

AMALIA, DALMA NUR and Priyono, Ery Agus and Adhi, Yuli Prasetyo (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBELI SATUAN RUMAH SUSUN ATAS WANPRESTASI PENGEMBANG DALAM PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL BELI SATUAN RUMAH SUSUN. _017 Perdata 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Dalma Nur Amalia_cover.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Dalma Nur Amalia_abstrak.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Dalma Nur Amalia_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
Dalma Nur Amalia_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
Dalma Nur Amalia_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Dalma Nur Amalia_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
Dalma Nur Amalia_dapus.pdf

Download (211kB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia diikuti dengan meningkatnya kebutuhan terhadap tempat tinggal. Pembangunan rumah susun menjadi jalan keluar yang dipilih karena semakin terbatasnya lahan khususnya di perkotaan.
Pemesanan satuan rumah susun dapat dilakukan dengan sistem pre project selling yang mana pengembang dapat menawarkan unit apartemen sebelum selesai dibangun. Pemesanan dilakukan antara pembeli dan pengembang dengan melalui Perjanjian Pengikatan Jual Beli sebagai upaya berbentuk perlindungan preventif, namun nyatanya perjanjian tersebut belum memberikan kepastian hukum kepada pembeli yang menempati kedudukan lebih lemah untuk mendapatkan perlindungan hukum yang layak. Penulis ingin menelaah lebih dalam lagi mengenai perlindungan hukum yang dapat melindungi pembeli ketika pengembang wanprestasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian hukum ini ialah yuridis-normatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan meneliti data sekunder dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh pengembang maka timbul akibat hukum yang mana pembeli dapat meminta ganti rugi kepada pengembang, apabila perkara tidak menemukan jalan keluar, pembeli dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan sebagai perlindungan hukum represif.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Wanprestasi, Perjanjian Pengikatan Jual Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Wanprestasi, Perjanjian Pengikatan Jual Beli
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:07
Last Modified: 03 Apr 2024 04:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22142

Actions (login required)

View Item View Item