Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PENGELOLAAN PERPARKIRAN OLEH DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PURWOREJO

Faridha, Nur Rachma Istin (2024) STRATEGI PENGELOLAAN PERPARKIRAN OLEH DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PURWOREJO. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi Pengelolaan Perparkiran di Kabupaten Purworejo saat ini membutuhkan
sinergitas antara berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
strategi pengelolaan perparkiran dan mengidentifikasi tahapan perencanaan
strategis dalam menentukan keberhasilan pengelolaan perparkiran Metode dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi
dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik penentuan informan
menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan yang
memberikan informasi data primer dan sekunder. Informan meliputi Dinas
Perhubungan, petugas parkir, dan masyarakat. Teori yang digunakan manajemen
publik manajemen strategis dan Perencanaan strategi. Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa strategi pengelolaan perparkiran yang dilakukan Dinas
Perhubungan Kabupaten Purworejo sebagian besar sudah berjalan secara
maksimal hal ini dibuktikan dengan strategi dan program yang dilakukan melalui
perencanaan dengan penentuan target, pergerakan untuk memastikan kelancaran
dan keamanan pelayanan parkir, pergerakan untuk monitoring di lapangan dan
pengawasan yang dilakukan secara dua arah Tahapan perencanaan strategi yang
dilakukan Dinas Perhubungan masih ditemukan permasalahan sehingga tidak
berjalan secara maksimal, diantaranya tahapan analisis lingkungan internal pada
sumber daya yang dimiliki masih belum maksimal karena masih banyak pegawai
yang berstatus honorer.Formulasi strategi belum dilaksanakan secara maksimal
karena belum beralih ke sistem e-parkir yang disebabkan oleh minimnya kuantitas
SDM.Penelitian sudah sesuai dengan tujuan peraturan pengelolaan perparkiran
untuk meningkatkan ketertiban, keamanan, dan kenyamanan di tempat parkir,
sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan
pemerintah daerah. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu Dinas Perhubungan
melakukan pelatihan kerja untuk pegawai yang berstatus honorer supaya mampu
mengikuti perkembangan teknologi meningkatkan kualitas pegawai dan
memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.
Kata Kunci : Pelayanan Parkir, Pengelolaan Perparkiran, Perencanaan Strategi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:04
Last Modified: 31 May 2024 01:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item View Item