Search for collections on Undip Repository

STRATEGI BRANDING UNTUK MENINGKATAN KUNJUNGAN WISATA CANDI SOJIWAN, DESA KEBONDALEM KIDUL, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN

RAHMAWATI, ATHAYA DEA (2024) STRATEGI BRANDING UNTUK MENINGKATAN KUNJUNGAN WISATA CANDI SOJIWAN, DESA KEBONDALEM KIDUL, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN KLATEN. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah dan pokdarwis gendewa merumuskan dan melaksanakan strategi
branding sebagai alternatif untuk meningkatkan kunjungan wisata Candi Sojiwan.
Adapun tujuan dalam penelitian ini, pertama, mendeskripsikan dan menganalis
strategi branding untuk meningkatkan kunjungan wisata Candi Sojiwan. Kedua,
mendeskripsikan dan menganalis faktor pendorong dan penghambat strategi
branding untuk meningkatkan kunjungan wisata Candi Sojiwan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif disertai bukti dukung
yang relevan. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah
X Jateng-DIY; Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten
Klaten; serta di Balai Desa Kebondalem Kidul. Hasil penelitian ini yaitu strategi
branding wisata Candi Sojiwan menggunakan slogan “SANJIWANA” sebagai
pembeda brand Sojiwan dengan brand wisata lainnya. Slogan “SANJIWANA”
menggambarkan sejarah masa lampau dari wisata Candi Sojiwan yang mengandung
makna unik. Strategi pemerintah dan pokdarwis dalam meningkatkan kunjungan
wisata melakukan branding wisata Candi Sojiwan dengan slogan“SANJIWANA”
yang disampaikan melalui media sosial, atraksi kebudayaan, sarana dan prasarana,
serta karya seni batik sojiwan. Selain itu, pemerintah juga menggandeng beberapa
stakeholders dalam melakukan komunikasi branding diatas perjanjiannya melalui
MoU. Akan tetapi, pelaksanaan komunikasi slogan “SANJIWANA” belum
dilakukan dengan optimal karena belum adanya logo khusus, serta belum
konsistensi dalam branding. Rekomendasi untuk pemerintah dalam melakukan
branding yaitu membuat logo khusus sesuai dengan slogan “SANJIWANA” serta
konsistensi branding dalam penyampaian pesan sebagai wujud identitas wisata
Candi Sojiwan melalui slogan “SANJIWANA” agar kunjungan wisata dapat
meningkat.
Kata Kunci : Strategi Branding, Identitas, Objektif, Komunikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:00
Last Modified: 26 Mar 2024 06:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22074

Actions (login required)

View Item View Item