Search for collections on Undip Repository

PUBLIC ACCOUNTABILITY PADA STREET LEVEL BUREAUCRAT LAYANAN COMMAND CENTER 112 KOTA SURABAYA

Suryono, Difanda Dinda Prasetyawati Putri (2024) PUBLIC ACCOUNTABILITY PADA STREET LEVEL BUREAUCRAT LAYANAN COMMAND CENTER 112 KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (812kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (925kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Command Center 112 dikenal sebagai suatu program layanan darurat di Kota
Surabaya dengan sistem yang efektif dan efisien hingga berhasil mendapatkan
beberapa penghargaan. Keberhasilan tersebut mendorong untuk melakukan
penelitian agar mendapatkan informasi yang memadai mengenai street level
bureaucrat Command Center 112. Tujuan dari penelitian ini untuk
mendeskripsikan potret akuntabilitas melalui pemaknaan peran hingga orientasi
akuntabilitas street level bureaucrat yang terlibat dalam pelayanan Command
Center 112 Kota Surabaya. Peneliti berusaha memecahkan permasalahan tersebut
dengan metode penelitian kualitatif secara deskriptif menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
street level bureaucrat melaksanakan akuntabilitasnya melalui dua tipe
akuntabilitas, yaitu Public-Administrative Accountability dan Participatory
Accountability sehingga meningkatkan tekanan pekerjaan dan mendorong
terjadinya dilema konflik peran. Konflik yang dialami oleh street level bureaucrat
dalam penelitian ini ialah konflik kebijakan dengan peran masyarakat (policy vs
societal conflict) Lebih lanjut, orientasi akuntabilitas dapat ditinjau melalui
tindakannya dalam mengatasi dilema yang mengarah pada kebijakan sentris.
Kebijakan sentris juga disebut sebagai kebijakan berbasis pusat yang mana
menjunjung tinggi standar operasional pelayanan yang berlaku. Hal ini dapat
dicermati melalui tindakan penerima telepon darurat dalam melaksanakan
tugasnya untuk tetap mengutamakan kepatuhan pada tugas yang termuat dalam
aturan kebijakan daripada keinginan masyarakat. Rekomendasi yang dapat
diberikan yakni penegasan SOP untuk masyarakat sebagai pelapor, memberikan
takaran dan pemahaman mengenai keadaan darurat, penambahan sarana prasarana
layanan, hingga pembaharuan data di setiap bulannya.
Kata Kunci: Akuntabilitas, Command Center 112, Street Level Bureaucrat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:05
Last Modified: 31 May 2024 01:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22029

Actions (login required)

View Item View Item