Search for collections on Undip Repository

Analisis Gula Total, Serat Pangan, Flavonoid Total, dan Aktivitas Antioksidan Kurma Impor Varietas Medjool, Khalas, Ajwa, dan Deglet Noor

Putri Oktaviana, Rizky and Ayustaningwarno, Fitriyono and Rahadiyanti, Ayu and Anjani, Gemala Analisis Gula Total, Serat Pangan, Flavonoid Total, dan Aktivitas Antioksidan Kurma Impor Varietas Medjool, Khalas, Ajwa, dan Deglet Noor. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Rizky Putri Oktaviana.pdf

Download (210kB)

Abstract

Pendahuluan : Buah kurma merupakan buah yang umum dibudidayakan di wilayah timur tengah. Kandungan pada kurma memiliki manfaat bagi kesehatan. Jenis kurma yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah kurma impor varietas medjool, khalas, ajwa, dan deglet noor.

Tujuan : Mengetahui kandungan gula total, serat pangan, flavonoid total, dan aktivitas antioksidan kurma impor varietas medjool, khalas, ajwa, dan deglet noor.

Metode : Penelitian observasional analitik terhadap kurma impor varietas medjool, khalas, ajwa, dan deglet noor. Uji gula total dilakukan dengan menggunakan metode Nelson-Somogyi, uji serat pangan menggunakan metode gravimetri enzimatik, uji flavonoid total menggunakan metode kolorimetri, dan analisis aktivitas antioksidan dengan metode DPPH. Analisis gula total, flavonoid total, dan aktivitas antioksidan menggunakan uji Kruskal Wallis dan uji lanjut Mann Whitney, sedangkan analisis serat pangan menggunakan uji One Way ANOVA dan uji lanjut Tukey.

Hasil : Kandungan gula total varietas kurma medjool, khalas, ajwa, dan deglet noor berkisar 20,357-46,096%, serat pangan 5,085-7,288%, flavonoid total 0,023-0,035 mgQE/g, dan aktivitas antioksidan 1507-2894 µg/mL. Hasil analisis data dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan pada gula total (p < 0,001), serat pangan (p < 0,001), flavonoid total (p < 0,001), dan aktivitas antioksidan (p = 0,019) antar varietas kurma.

Simpulan : Kandungan gula total tertinggi terdapat pada varietas deglet noor (46,096%), serat pangan tertinggi pada varietas ajwa (7,288%), flavonoid total tertinggi pada varietas khalas (0,033 mgQE/g), dan aktivitas antioksidan terbaik pada varietas ajwa (1507 µg/mL).

Kata Kunci : Kurma, gula total, serat pangan, flavonoid total, antioksidan.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:10
Last Modified: 22 Mar 2024 03:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item