Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Yoghurt Jeruk Kumquat Nagami (Fortunella margarita) Terhadap Kadar Gula Darah Puasa Dan HbA1c Pada Tikus Wistar Diabetes Melitus

Fadilla, Alfia and Rustanti, Ninik and Ardiaria, Martha and Rahadiyanti, Ayu Pengaruh Pemberian Yoghurt Jeruk Kumquat Nagami (Fortunella margarita) Terhadap Kadar Gula Darah Puasa Dan HbA1c Pada Tikus Wistar Diabetes Melitus. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Alfia Fadilla.pdf

Download (168kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes melitus adalah gangguan metabolik yang dapat mengakibatkan pankreas tidak memproduksi cukup insulin yang diproduksi secara efektif sehingga dapat menyebabkan kenaikan gula darah atau terjadinya hiperglikemia kronik. Yoghurt dan jeruk kumquat mengandung bakteri probiotik dan antioksidan yang dapat menurunkan glukosa darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin serta memperbaiki kerusakan oksidatif untuk mencegah kerusakan sel pada kondisi diabetes melitus.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian yoghurt jeruk kumquat terhadap kadar gula darah puasa dan HbA1c pada tikus galur wistar yang diinduksi streptozotocin-nicotinamide pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Metode: Desain penelitian ini yang digunakan eksperimen dengan rancangan the pre-posttest control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 30 tikus wistar jantan, dalam penelitian ini dibagi menjadi 5 kelompok secara random yaitu Kn (Kontrol normal), K- (Kontrol negatif), K+ (Kontrol Positif), P1 (Tikus diabetes+ yoghurt jeruk kumquat dosis 1,8 ml/200 gBB) dan P2 (Tikus diabetes+ yoghurt jeruk kumquat dosis 3,6 ml/200 gBB tikus/hari). Intervensi dilakukan selama 28 hari. Data kadar glukosa darah puasa dan HbA1c dianalisis dengan uji statistic parametric ANOVA.
Hasil: Rerata kadar glukosa darah puasa dan HbA1c pada K- meningkat jika dibandingkan dengan Kn, pada P2 mengalami penurunan dibandingkan dengan P1 begitu juga pada K+. Hasil analisis diperoleh nilai p:0,000<0,05.
Kesimpulan: Pemberian yoghurt jeruk kumquat dengan dosis 3,6 mg/200 gBB selama 28 hari terbukti menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1c pada tikus galur wistar.

Kata Kunci: jeruk kumquat, kadar glukosa darah puasa, kadar HbA1c

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:57
Last Modified: 22 Mar 2024 02:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21970

Actions (login required)

View Item View Item