Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK FESYEN BERKELANJUTAN GENERASI MILENIAL DAN Z DI PULAU JAWA

KUSUMAH, Elsya Nurfajriani (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK FESYEN BERKELANJUTAN GENERASI MILENIAL DAN Z DI PULAU JAWA. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010116130143.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010116130143.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010116130143.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010116130143.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010116130143.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010116130143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Konsumen telah semakin sadar tentang isu sosial dan lingkungan yang
disebabkan oleh industri fesyen. Kesadaran tersebut berdampak pada meningkatnya
permintaan produk fesyen berkelanjutan terutama semenjak dunia dilanda pandemi
COVID-19. Tetapi penelitian mengenai perilaku konsumsi, khususnya minat beli
pada produk fesyen berkelanjutan masih minim di negara berkembang, termasuk di
Indonesia.
Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi minat beli produk fesyen berkelanjutan di pulau jawa, yang
mana dihuni hingga 60% total populasi di Indonesia. Variabel ditentukan
berlandaskan pada Theory of Planned Behavior dengan memodifikasi variabel
norma subjektif menjadi modal sosial virtual dan menambahkan dua variabel
lainnya, yaitu atribut fesyen konvensional, dan konsep diri berkelanjutan.
Penelitian menggunakan jumlah sampel sebanyak 119 responden dari
generasi milenial dan Z yang berdomisili di Pulau Jawa. Penelitian ini
menggunakan metode pengumpulan data random sampling dengan memanfaatkan
kuesioner online sebagai alat pengumpulan data. Metode analisis dilakukan
menggunakan SEM melalui program AMOS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap berkelanjutan, modal sosial
virtual, persepsi kontrol perilaku, atribut fesyen konvensional, dan konsep diri
berkelanjutan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku
pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fesyen berkelanjutan, Theory of Planned Behavior, Modal Sosial Virtual, Atribut Fesyen Konvensional, Minat Beli.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:08
Last Modified: 15 May 2024 08:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21957

Actions (login required)

View Item View Item