Search for collections on Undip Repository

KUALITAS HIGIENE SANITASI RUMAH MAKAN DI WILAYAH KAMPUS UNIVERSITAS DIPONEGORO, SEMARANG SEBAGAI KESIAPAN SERTIFIKASI LAIK HIGIENE SANITASI (SLHS)

PAKPAHAN, NATHANIA VITA ANGGIA (2024) KUALITAS HIGIENE SANITASI RUMAH MAKAN DI WILAYAH KAMPUS UNIVERSITAS DIPONEGORO, SEMARANG SEBAGAI KESIAPAN SERTIFIKASI LAIK HIGIENE SANITASI (SLHS). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NATHANIA.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Tembalang, salah satu kelurahan di Kota Semarang, yang menjadi kawasan mayoritas mahasiswa Undip memiliki berbagai usaha olahan pangan. Namun, menurut data tempat pengelolaan pangan (TPP) yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Semarang, jumlah rumah makan yang terletak di wilayah kampus Undip Kelurahan Tembalang bahkan tidak mencapai 1% tersertfikasi higiene sanitasi. Penting sekali peran hygine dan sanitasi makanan di wilayah ini dalam rangka menjamin makanan seluruh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan penerapan higiene sanitasi pengelolaan pangan pada rumah makan di wilayah kampus Universitas Diponegoro, Kelurahan Tembalang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah 94 rumah makan golongan A1, dimana rumah makan menyatu dengan rumah/tempat tinggal dan menggunakan dapur rumah tangga dengan fasilitas permanen atau semi permanen. Sampel penelitian ini adalah 48 rumah makan (termasuk warung makan, warung tegal dan rumah makan padang rumahan) di wilayah Kelurahan Tembalang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan rumah makan pada wilayah kampus Universitas Diponegoro tidak memenuhi syarat sebesar 29% pada kondisi lokasi dan bangunan, 98% pada kualitas fasilitas sanitasi, 42% pada kualitas bahan pangan dan 8% pada kondisi praktik penjamah pangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah higiene sanitasi pengelolaan pangan pada rumah makan wilayah kampus Undip, Kelurahan Tembalang belum sepenuhnya memenuhi syarat yang ditetapkan pada Permenkes RI No. 14 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha Dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kesehatan. Oleh karena itu, pihak pelaku usaha perlu meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan kualitas higiene sanitasi pengelolaan pangan pada rumah makan, bekerjasama dengan pihak sanitarian untuk rutin mengadakan penyuluhan terkait higiene sanitasi pada pelaku usaha dan penjamah makanan tiap tahunnya.

Kata Kunci : Higiene, Sanitasi, Rumah Makan, Sertifikat Laik Higiene Sanitasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:06
Last Modified: 21 Mar 2024 04:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21932

Actions (login required)

View Item View Item