Search for collections on Undip Repository

PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) WISATA ALAM KALIWUNGU MELALUI PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL OLEH DINAS KEHUTANAN PROVINSI JAWA BARAT

Aidah, Naila Ayu (2024) PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) WISATA ALAM KALIWUNGU MELALUI PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL OLEH DINAS KEHUTANAN PROVINSI JAWA BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (623kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (731kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan tingginya jumlah jiwa yang bekerja di sektor pertanian (40.635.997 jiwa) sekaligus menjadi sektor yang memiliki presentase rumah tangga miskin paling tinggi (51,33%) dapat diatasi dengan Pemberdayaan masyarakat melalui Perhutanan Sosial. Pemberdayaan masyarakat pada Kelompok Tani Hutan (KTH) Wisata Alam Kaliwungu melalui Program Perhutanan Sosial oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat adalah usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan akses kelola hutan dan lahan negara yang sesuai dengan prinsip kelestarian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan pemberdayaan masyarakat pada Kelompok Tani Hutan (KTH) Wisata Alam Kaliwungu melalui Program Perhutanan Sosial oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dan faktor- faktor penghambat keberjalanan pemberdayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data yaitu wawancara kepada informan yang berkaitan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori keberhasilan pemberdayaan yang diungkapkan oleh Wrihatnolo dan Dwijowijoto yang dapat dilihat melalui indikator akses, partisipasi, kontrol, dan kesejahteraan. Dalam mengidentifikasi faktor-faktor penghambat keberjalanan pemberdayaan digunakan teori yang diungkapkan oleh Arsiyah. Hasil yang diperoleh, yaitu pada indikator akses sudah terpenuhi dan mendukung kegiatan pemberdayaan. Indikator yang belum terpenuhi secara menyeluruh adalah partisipasi, kontrol, dan kesejahteraan. Partisipasi masyarakat masih minim karena terkendala waktu. Kontrol masyarakat tidak menyeluruh karena sebagian besar hanya dihadiri para pengurus saja. Kesejahteraan masyarakat belum bisa sepenuhnya bergantung dari hasil kebun dan wisata saja. Faktor penghambat pemberdayaan yaitu terbatasnya kemampuan SDM, manajerian, pemasaran produk, serta minim dukungan dari pihak luar. Saran yang dapat diberikan adalah menyiapkan alternatif rapat secara daring, menciptakan inovasi atraksi wisata baru, dan mengadakan pendidikan dan pelatihan keterampilan manajemen dan pemasaran bagi petani.

Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Perhutanan Sosial, Kelompok Tani Hutan (KTH)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:01
Last Modified: 31 May 2024 01:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21929

Actions (login required)

View Item View Item