Search for collections on Undip Repository

PENYELESAIAN SENGKETA TINDAKAN FAKTUAL MELALUI GUGATAN CITIZEN LAWSUIT DI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA. _ 009 Hukum Acara 2024

IFNATSANY, MAHESWARI FADHILA and Utama, Yos Johan and Putrijanti, Aju (2024) PENYELESAIAN SENGKETA TINDAKAN FAKTUAL MELALUI GUGATAN CITIZEN LAWSUIT DI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA. _ 009 Hukum Acara 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Maheswari Fadhila-cover.pdf

Download (673kB)
[img] Text
Maheswari Fadhila-abstrak.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Maheswari Fadhila-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
Maheswari Fadhila-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
Maheswari Fadhila-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
Maheswari Fadhila-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
Maheswari Fadhila-dapus.pdf

Download (412kB)

Abstract

Pasca diundangkan Undang-Undang Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan terdapat perluasan makna obyek sengketa Tata Usaha Negara, salah satunya pada penetapan tertulis juga dimaknai sebagai tindakan faktual.
Penyelesaian sengketa tindakan faktual diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 tahun 2019 tentang Pedoman Penyelesaian Sengketa Tindakan Pemerintahan dan Kewenangan Mengadili Perbuatan Melanggar Hukum oleh Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan (Onrechtmatige Overheidsdaad). Perma tersebut tidak diatur mengenai gugatan dengan model Citizen Lawsuit. Penelitian ini menggunakan pendekatan doktrinal yang menggunakan data sekunder yang didukung dengan wawancara hakim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian sengketa tindakan faktual dengan model gugatan Citizen Lawsuit dapat dilakukan dengan mengacu pedoman pada Perma Tindakan Faktual, Perma Upaya Administratif dan UU PTUN. Sementara untuk mengisi kekosongan ketentuan mengenai prosedur beracara model gugatan Citizen Lawsuit, para hakim memperhatikan kedudukan hukum warga negara dan mengadopsi prosedur penyelesaian di negara lain yang telah disesuaikan dengan hukum acara di Indonesia.
Kata Kunci : Tindakan Faktual, Citizen Lawsuit, Peratun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tindakan Faktual, Citizen Lawsuit, Peratun
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:18
Last Modified: 03 Apr 2024 04:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21921

Actions (login required)

View Item View Item